get app
inews
Aa Read Next : Trending Twitter, Jisoo BLACKPINK dan Aktor Ahn Bo Hyun Pacaran

Umat Islam Serukan Tangkap Eko Kuntadhi di Twitter

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:47 WIB
header img
Eko Kuntadhi. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Tagar #TangkapEkoKuntadhi bergema di media sosial, bahkan nangkring di posisi pertama trending topics Twitter Indonesia, Sabtu (21/5/2022) pagi hingga menjelang siang WIB.

Tagar itu menembus puncak trending karena dicuitkan dengan cepat hingga ribuan kali oleh umat Islam yang marah kepada Eko Kuntadhi karena mencuitkan tentang akan adanya ratusan santri di Madura yang akan melakukan aksi menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) di daerahnya, Jumat (20/5/2022), tetapi dianggap hoax.


Foto: tangkapan layar

Cuitan itu di-posting Eko di akun Twitter @_ekokuntadhi, Jumat (20/5/2022), dan dibuat untuk menanggapi tindakan Singapura yang mendeportasi UAS pada Senin (16/5/2022), karena dianggap menyebarkan ajaran ekstremis dan segragasi.

"Madura gak mau kalah dengan singaoura," kata Eko di akun Twitternya itu seraya memposting tangkapan layar sebuah berita berjudul "Hari Ini, Ratusan Santri Bakal Gelar Aksi Tolak Kedatangan Ustadz Abdul Somad di Madura", tetapi tidak jelas berita itu bersumber dari media online yang mana.


Foto: tangkapan layar

"Singapura, Swiss, Belanda, Timor Leste menolak Somad. Madura, UGM, Kudus, Bali juga menolak Somad. Orang normal akan melihat itu sebagai bahan instrospeksi diri. Orang sombong berraksi mencerca seluruh dunia yang salah. Dirinyalah yang paling benar," kata Eko pada cuitan yang lain di akun Twitter-nya. 


Foto: tangkapan layar

Cuitan Eko itu dianggap hoax, karena ketika UAS tiba di Masjid Nur Muhammad dan Pondok Pesantren Al Amen, Prenduan, Sumenep, Madura, Jumat (20/5/2022), aksi unjuk rasa menolak kedatangannya ternyata tak ada. Bahkan alih-alih didemo, kedatangan UAS justru disambut ribuan umat Islam di Madura, dan ceramahnya juga dihadiri ribuan orang.

"Lapor pak Kapolri @ListyoSigitP ada yang sebar hoax dan pemecah belah persatuan Bangsa nih pak. #TangkapEkoKuntadhi #TangkapEkoKuntadhi," kata @panglima_z seperti dikutip Sabtu (21/5/2022).


Foto: tangkapan layar

"#TangkapEkoKuntadi #TangkapEkoKuntadhi Hoax Bikin Gaduh Negeri Sendiri," kata @Hmmurahmurahhm2.

"#TangkapEkoKuntadi #TangkapEkoKuntadhi. Kalo kaga dikandangin bisa mati di jalan nih orang," @MasBejo98u mengingatkan 

 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut