get app
inews
Aa Read Next : Inilah 8 Makanan Kaya Protein yang Membuat Penurunan Berat Badan Gagal, Apa Saja?

Pola Makan Sehat Dapat Mengubah Hidupmu

Minggu, 10 April 2022 | 15:46 WIB
header img
Makanan yang sehat memengaruhi emosi hingga kecerdasan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsDepok.id-Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, ungkapan yang sering kita dengar. Sehat pun menjadi kata-kata yang sering kita ucapkan saat ini. 

Untuk hidup sehat, selain berolahraga, juga dibutuhkan pola makan yang benar. 

Ternyata, pola makan yang benar, bisa mengubah hidupmu, lho.  

Mengapa? Yuk, kita simak: 

Makanan Memengaruhi Emosi

Terdapat hubungan yang kuat dalam otak kita antara rasa dan ingatan. Makanan bisa mengingatkan kita akan suatu peristiwa, perasaan, orang, tempat, ataupun asosiasi lainnya.

Kecerdasan Datang dari Makanan yang Sehat

Penelitian dari Departments of Neurosurgery and Physiological Science, University of California mengungkapkan, jika makanan sehat dapat memengaruhi kecerdasan seseorang.

Kesehatan dan fungsi otak akan makin optimal apabila kita rutin mengonsumsi makanan sehat, sebab otak kita selalu 'haus' akan bahan bakar berupa nutrisi. Salah satu contohnya adalah konsumsi asam lemak omega-3 yang terbukti berdampak positif bagi perkembangan otak.

Tak hanya itu, makanan sehat juga berperan penting untuk menjaga otak kita tetap tajam dan mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Makanan tinggi vitamin, antioksidan, dan fitokimia tertentu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak.

Sedangkan sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam yang kaya akan vitamin E dan K, dapat memperkuat daya ingat dan membantu menjaga "usia otak” kita. 

Makanan dan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung, khususnya ikan berlemak seperti salmon dan sarden yang kaya akan asam lemak omega-3. Selain ikan, protein nabati seperti kacang-kacangan, buncis, lentil, dan biji-bijian juga telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa makanan kaya protein tersebut adalah pilihan yang lebih sehat dibanding daging sapi. 

Peradangan dan Penuaan Dini

Kandungan protein yang tinggi dalam ikan, kacang-kacangan, dan polong-polongan dapat membantu melawan peradangan dan mencegah penuaan dini. Tak hanya itu, makanan berwarna merah tua seperti tomat dan semangka yang mengandung antioksidan likopen juga mampu melawan radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penuaan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut