get app
inews
Aa Read Next : Gluten dan Fungsinya Bagi Tubuh, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Panji Petualang Idap Diabetes, Ini Penjelasan Dokter Mengenai Kontrol Gula Darah dan Pola Makan

Kamis, 10 Agustus 2023 | 10:23 WIB
header img
Content creator satwa dan juga pawang ular Panji Petualang mengidap diabetes melitus. Foto: tangkapan layar YouTube Panji Petualang

 

DEPOK, iNewsDepok.id - Content creator satwa dan juga pawang ular Panji Petualang mengidap diabetes melitus. Tubuh Panji pun saat ini terlihat lebih kurus dari biasanya.

Sebelumnya, kondisi Panji yang semakin kurus ini menjadi sorotan setelah didatangi mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ke kediaman Panji Petualang di Purwakarta, Jawa Barat. Melansir channel YouTube Dedi Mulyadi, Dedi bertanya mengenai kondisi Panji Petualang yang terlihat kurus.

Sang pawang ular yang bernama lengkap Muhammad Panji mengatakan saat berobat ke klinik beberapa waktu lalu, kadar gula darahnya terbilang sangat tinggi menyentuh angka 292 mg/dL. Angka tersebut jauh melampaui batas angka normal kadar gula dalam darah.

Kadar gula darah normal berdasarkan Kemenkes RI, yakni gula darah puasa (setelah tidak makan selama 8 jam) adalah 70-99 mg/dL. Sementara kadar gula darah 1-2 jam setelah makan kurang dari 140 mg/dL, gula darah sewaktu kurang dari 200 mg/dL, gula darah sebelum tidur 100-140 mg/dL dan kadar gula darah 2 jam setelah makan (GD2PP) yang normal adalah 110-180 mg/dL. 

Dari pemeriksaan kadar gula darah saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram, bila kadarnya lebih dari atau sama dengan 200 mg/dL maka seseorang mengidap diabetes. Jika kadarnya 140-199 mg/dL maka seseorang mengidap gangguan toleransi glukosa, serta bila kadarnya kurang dari 140 mg/dL maka kondisinya normal.

Melalui channel YouTube Panji Petualang, baru-baru ini sang pawang ular memeriksakan kesehatan ke puskesmas untuk mengecek kadar gula darahnya. Dalam tayangan di channel YouTube-nya tersebut, Panji Petualang mengecek kadar gula darahnya ke Puskesmas Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut