get app
inews
Aa Read Next : BPK Sampaikan Penguatan Akuntabilitas Keuangan Negara Selama Satu Dekade Terakhir

Apdesi kubu Arifin Kaji Kemungkinan Laporkan Apdesi Kubu Surtawijaya

Sabtu, 02 April 2022 | 06:49 WIB
header img
Presiden Jokowi menghadiri Silatnas Desa 2022 Adpesi kubu Surtawijaya pada 29 Maret 2022. Adpesi ini mendukung Jokowi untuk menjadi presiden 3 periode. Foto: Setkab

Seperti diketahui, pernyataan Surtawijaya saat Silaturahmi Nasional (Silatnas) Desa 2022 di Istora Senayan, membuat Adpesi pimpinan Arifin Abdul Majid meradang, dan meminta agar nama organisasinya tidak dicatut untuk kepentingan mendukung Jokowi untuk menjadi presiden 3 periode.

"Saya meminta kepada masyarakat untuk tidak mencatut nama Apdesi atau pengurus Apdesi untuk kepentingan tertentu. Kami dari Apdesi yang sah dan memegang SK dari Kemenkum HAM keberatan jika ada sekelompok orang mengatasnamakan Apdesi untuk kepentingan di luar Tupoksi, apalagi soal politik,” kata Arifin seperti dikutip dari VOI, Rabu (30/3/2022).

Arifin mengakui, menyampaikan pendapat adalah hak setiap warga negara dan dilindungi konstitusi, tetapi bukan berarti pendapat yang disampaikan bisa melanggar konstitusi lain.

“Kami saat dilantik berjanji dan bersumpah untuk taat kepada konstitusi. Jadi, tidak mungkin kami dari Apdesi menyampaikan secara resmi mendukung sesuatu yang melanggar konstitusi seperti melanggar UUD 1945 dalam hal perpanjangan masa jabatan presiden yang jelas tertulis hanya dua periode,” tegasnya.

Arifin pun menilai, sekelompok orang yang mengatasnamakan Apdesi untuk kepentingan politik, telah membuat seolah Apdesi tidak mengerti hukum dan tidak taat kepada hukum dasar di Indonesia.

“Kalau tidak segera diluruskan ini akan menjadi boomerang bagi Apdesi karena seolah para kepala des aini tidak mengerti konstitusi dan tidak mengerti ap aitu hukum,” imbuhnya.

Dia juga meminta kepada masyarakat jika ingin menyampaikan sesuatu, lebih baik membuat organisasi lain.

“Kami dari Apdesi taat Pancasila dan konstitusi jadi jika ada orang mau buat organisasi terkait sikap politiknya silahkan tapi jangan mencatut nama Apdesi,” pungkasnya.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut