get app
inews
Aa Read Next : Majelis Taklim Balai Wartawan Kota Depok Akan Selenggarakan Maulid Nabi di Balai Rakyat Depok

Viral Tank Perang Rusia Bertuliskan 'Pempek Palembang', Warganet: Pempek Kapal Perang!

Minggu, 20 Oktober 2024 | 07:39 WIB
header img
Tank Howitzer Rusia dengan tulisan 'Pempek Kapal Perang Asli Palembang'. Foto: X/ZShakerCentral

DEPOK, iNews Depok.id - Sebuah tank howitzer milik tentara Rusia yang dikenal dengan sebutan Bro Z menarik perhatian publik, khususnya masyarakat Indonesia. Betapa tidak, di tank tersebut tertulis salah satu kuliner khas Palembang, Sumatera Selatan, yaitu pempek.

Dilansir dari lama X (dahulu Twitter) milik GrishaPutin, memperlihatkan unggahan foto sebuah tank howitzer jenis 2S19 Msta-S, yang diunggah pada Jumat (18/10/2024).

Pada salah satu sisi tank, terdapat tulisan "Pempek Kapal Perang Asli Palembang," sementara sisi lainnya mencantumkan "Pempek Cita Rasa Wong Kito." Meriam utama tank tersebut juga dihiasi dengan tulisan "Pempek Permata," yang merujuk pada sebuah warung pempek Palembang.

Akun X GrishaPutin dengan nama akun @ZShakerCentral yang membagikan gambar tank tersebut menyebutkan bahwa para pendukung di Donbass dan Palestina menerima dukungan dari teman-teman di Indonesia.

Di akun X miliknya, pengunggah foto tersebut sengaja mengomersialkan tank tersebut untuk ditulis sesuai keinginan pengorder.

Banyak warganet juga merespon unggahan tersebut, dengan komentar-komentar lucu.

"Mano cukonyo (mana cukanya)," tulis Mozarttt6.

"Pakamm nian .memang cocok nian pempek dimakan pas perang. Pake cuko kental pulokk.. Lemak nian wakk," tulis bapakbangsaini.

"Pempek kapal selam (tanda x), pempek kapal perang (tanda centang)," tulis Yoongii9595.


Tank howitzer Msta-S dengan kanon bertuliskan 'Pempek Permata'. Foto: X/ZShakerCentral 

Dilansir dari berbagai sumber, tank yang digunakan untuk promosi pempek Palembang tersebut adalah jenis tank 2S19 Msta-S, yang merupakan tank howitzer artileri swa-gerak152,4 mm yang dirancang dan diproduksi oleh Uraltransmash di Uni Soviet dan kemudian di Rusia, yang mulai beroperasi pada tahun 1989 sebagai penerus 2S3 Akatsiya.

Kendaraan ini memiliki roda gigi berjalan milik T-80, tetapi ditenagai oleh mesin diesel T-72.

Howitzer Msta-S digunakan oleh Angkatan Darat Rusia untuk melancarkan serangan artileri terhadap separatis Chechnya selama Perang Chechnya Kedua pada 1999-2009.

Howitzer Msta-S juga digunakan dalam Perang Rusia-Ukraina oleh separatis pro-Rusia. Baik Msta-B dan Msta-S juga digunakan oleh Angkatan Darat Ukraina dalam Pertempuran Bakhmut.

Seperti diketahui Pempek, makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan tepung, semakin dikenal berkat kreativitas dan dukungan dari para penggemar budaya Indonesia di luar negeri.

Saat ditelusuri, Warung Pempek Permata ini beralamat di Setu Komplek Permata Pamulang, Blok I5 No. 4, Setu, Tangerang.


Foto: X/ZShakerCentral 

Pemilik restoran 'Pempek Permata', yang namanya dipajang di tank tersebut juga mendapat perhatian lebih. Hal itu menunjukkan bagaimana makanan dapat menjadi simbol solidaritas dalam situasi konflik.

Dari fenomena ini, terlihat jelas bahwa budaya populer dan kuliner mampu menjadi jembatan berbagai kepentingan dan memperkuat solidaritas antar-bangsa, meskipun berada dalam konteks yang sangat berbeda.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut