get app
inews
Aa Read Next : Memanas! AS dan Inggris Lancarkan Serangan Terhadap Houthi di Yaman

Inggris Berencana Kirimkan Bantuan 14 Tank Challenger 2 dan Senjata Berat ke Ukraina

Minggu, 15 Januari 2023 | 13:41 WIB
header img
Inggris Berencana Kirimkan Bantuan 14 Tank Challenger 2 dan Senjata Berat ke Ukraina. Foto: Reuters

LONDON, iNewsDepok.id - Inggris berencana mengirimkan bantuan 14 Unit tank Challenger 2 dan Senjata Berat ke Ukraina dalam beberapa Minggu kedepan, bukan hanya itu, Inggris juga akan melatih pasukan Ukraina untuk mengoperasikan tank dan senjata tersebut.

Hal ini disampaikan oleh kantor Perdana Menteri Rishi Sunak dalam sebuah pernyataan pada Sabtu Malam (14/1/2023).

"Perdana Menteri jelas bahwa perang yang panjang dan statis hanya akan menguntungkan Rusia," kata seorang juru bicara pemerintah dalam pernyataan yang dipublikasikan di situs webnya.

Dalam pernyataan tersebut juga dikatakan, PM Sunak dan pada menterinya akan berbicara dengan sekutu-sekutunya dalam waktu dekat untuk meningkatan tekanan pada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sebelumnya Jubir PM Inggris mengatakan, dalam sebuah sambungan telepon dengan Presiden Volodymyr Zelensky, Sunak menjelaskan keinginan Inggris untuk memberikan bantuan langsung ke Ukraina, termasuk menyediakan tank Challenger 2 dan sistem persenjataan berat.

"Para pemimpin merenungkan keadaan perang Rusia saat ini di Ukraina, dengan kemenangan Ukraina berturut-turut mendorong mundur pasukan Rusia dan menambah masalah militer dan moral mereka," tambah juru bicara itu.

Awal pekan ini, kantor PM Sunak, Inggris akan mulai mengoordinasikan dukungannya untuk Ukraina, setelah sebelumnya, Negara anggota lainnya mengirimkan bantuan kendaraan lapis baja ke Ukraina.

Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengatakan menteri pertahanan akan memperbarui parlemen pada Senin.

“Rincian tank, tank tempur utama, artileri dan dukungan militer lainnya akan diperjelas oleh menteri pertahanan House of Commons dalam waktu dekat,” kata Cleverly.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut