get app
inews
Aa Read Next : Inggris Juga Tolak Kirim Jet, Ukraina Akan Terus Melobi

Perang dengan Rusia Ekonomi Ukraina Hancur, Butuh Bantuan USD 3 Miliar Tiap Bulan

Kamis, 02 Februari 2023 | 19:38 WIB
header img
Bantuan pembiayaan dari Uni Eropa dan Amerika Serikat sekitar USD 30 miliar dolar AS untuk anggaran Ukraina 2023 masih dianggap belum cukup. Foto: Reuters

KIEV, iNewsDepok.id - Kondisi perekonomian di Ukraina kini terus menurun. Ukraina paling tidak membutuhkan bantuan keuangan internasional sebesar USD 10 miliar dolar AS (Rp1.488 triliun) untuk menutupi defisit APBN dan memastikan pembangunan ekonomi yang kembali stabil.

Informasi mengenai kondisi ekonomi Ukraina saat ini disampaikan Wakil Menteri Keuangan Ukraina, Olga Zykova pekan ini.

Dia mengatakan, jika saat ini Pemerintah Ukraina sudah mendapat konfirmasi bantuan pembiayaan dari Uni Eropa dan Amerika Serikat sekitar 30 miliar dolar AS untuk 2023. Namun, jumlah tersebut disebut belum mencukupi untuk menutupi semua kebutuhan Ukraina sekarang.

“Masih ada kebutuhan 10 miliar dolar AS lagi. Dan di sini kami mengandalkan bantuan dari negara lain dan organisasi keuangan internasional, khususnya IMF (Dana Moneter Internasional),” kata Zykova dalam forum bisnis internasional di Luksemburg, seperti dikutip Kementerian Keuangan Ukraina, Kamis (2/2/2023).

Dia juga menjelaskan, meskipun Ukraina sudah mengambil tindakan dengan mengoptimalkan sejumlah bidang pengeluaran anggaran dan meningkatkan pendapatan pajak serta bea cukai, Ukraina masih membutuhkan bantuan keuangan bulanan paling tidak US$ 3 miliar dolar AS 

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut