get app
inews
Aa Read Next : Panglima Romawi George Todzira vs Khalid bin Walid Siap Perang, Hidayah Turun Lawan Jadi Mualaf

Amalan-amalan Yang Dapat Dikerjakan di Momen Isra Mikraj

Sabtu, 26 Februari 2022 | 16:39 WIB
header img
Seorang bapak membaca Al Qur'an dengan ditemani anaknya. Dok: Sindonews

Nah, agar Isra Mikraj tahun ini lebih bermakna dan mendatangkan pahala, berikut amalan-amalan yang dapat dilakukan:

1. Membaca Do'a Rajab
Menjelang datangnya Isra Mikraj dan bertepatan dengan puasa Rajab, maka dapat membaca doa sesuai anjuran Rasulullah SAW. Doa dimaksud adalah "'Allohuma baarik lanaa fii rojaba wa sya'banaa wa ballighnaa romadhonaa". Artinya: Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikan kami pada bulan Ramadhan.


2. Berdzikir
Membaca dzikir merupakan bentuk komunikasi verbal antara Allah dengan makhluk-Nya, karena dengan berdzikir, kita senantiasa bersyukur dan selalu mengingat Allah SWT.

Adapun dzikir yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim kepada Nabi Muhammad SAW ketika dalam peristiwa Isra Mikraj, yakni; "Laa haula walaa quwwata illa billah". Artinya: Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.


3. Berpuasa
Ketika memperingati Isra Mi'raj dan apabila kita ingin mendapatkan amalan-amalan pada bulan Rajab, maka disunahkan untuk melakukan puasa Rajab. Pengerjaan puasa ini mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Berikut niat puasa Rajab: "Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillâhi ta‘âlâ". Artinya: Aku berniat puasa Rajab, sunnah karena Allah ta‘âlâ.


4. Bersedekah
Ketika datangnya bulan Rajab, perbuatan bersedekah merupakan hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Bersedekah tidak hanya dalam bentuk materi atau uang, tetapi juga dalam bentuk jasa, seperti membantu orang yang membutuhkan pertolongan, mengajak orang untuk berbuat kebaikan, mengamalkan amalan-amalan pada saat bulan Rajab, dan lain sebagainya.

5. Membaca Al Qur'an
Dengan membaca Al Qur'an, kita bukan saja dapat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, tetapi juga mendatangkan pahala yang luar biasa, karena satu huruf Al Qur'an yang dibacam, dibalas Allah SWT dengan 10 kebaikan. 

Selain itu, Al Qur'an akan memberi syafaat di akhirat kelak kepada siapapun yang membacanya. 

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut