get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Sleman Kembali Meraih Gelar Sebagai Kabupaten dengan SDM Paling Maju di Indonesia Tahun 2023

Minggu, 02 Juni 2024 | 05:02 WIB
header img
Rumah Dinas Bupati Sleman. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik), Sleman kembali menjadi kabupaten dengan skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di tahun 2023. Posisi teratas ini belum bergeser sejak tahun 2004.

Diketahui IPM atau HDI (Human Development Index) merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia. Selain sebagai ukuran kinerja pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

IPM dibentuk oleh 3 dimensi dasar, yaitu umur panjang dan hidup sehat (Angka Harapan Hidup), pengetahuan (Rata-Rata Lama Sekolah), dan standar hidup layak (Pendapatan dan Pengeluaran).

Meninjau indikatornya, masyarakat Kabupaten Sleman di 2023 lalu punya angka harapan hidup 75,26 tahun, harapan lama sekolah 16,77 tahun, rata-rata lama sekolah 11,01 tahun, dan pengeluaran rill per kapita yang disesuaikan Rp16,98 juta per tahun.

Setelah Sleman, ada Badung, Sidoarjo, Bantul, dan Gianyar yang berurutan berada di peringkat 2 hingga 4 sebagai kabupaten dengan sumber daya manusia paling maju di Indonesia.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut