get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Ingin Awet Muda Tanpa Skincare? Ini Tipsnya

Jum'at, 11 Februari 2022 | 22:13 WIB
header img
Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA, iNews, id -  Proses penuaan dini dapat diatasi dengan memperhatikan pola atau gaya hidup. Tak perlu menghabiskan banyak uang untuk tetap bisa tampil awet muda. Ada beberapa hal utama yang sangat penting untuk dilakukan, agar mendapatkan wajah dan tubuh tampak awet muda.

HIndari makanan dengan kandungan gula berlebih, daging olahan, ataupun gorengan. Sebagai penggantinya, kita dapat memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah, sayur, serta protein untuk mencegah kerusakan pada sel-sel kulit.Jangan lupa imbangi dengan konsumsi air putih antara 8 hingga 10 gelas setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi

Vitamin C adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas sekaligus mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Kita bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, lemon, atau apel, maupun sayuran, misalnya kangkung dan paprika.

Lakukan massage untuk memberikan relaksasi pada kulit wajah, dengan memijat seluruh wajah secara lembut. Massage dapat menjadi salah satu alternatif gaya hidup yang sehat karena dapat memberikan kesehatan kulit menjadi lebih kencang.

Selain menjaga pola makan, kita juga harus menjaga kesehatan tubuh. Olahraga dibutuhkan untuk meredakan stress dan memperlambat penuaan sel. Tubuh yang sehat akan terlihat dari seperti apa gaya hidupnya. Manfaat olahraga dapat menjaga stamina tubuh agar lebih bugar, membantu melancarkan metabolisme, memperkuat otot, dan membakar kalori.

Gunakan sunscreen yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari serta mengurangi gejala penuaan dini seperti kulit kering, kusam, dan garis halus.

BACA JUGA:

UI Kembangkan Program ESDGE

Hal penting lainnya adalah istirahat cukup. Orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh, hingga sembilan jam tidur malam. Kurang tidur dapat menyebabkan munculnya kantung mata dan masalah kesehatan lain yang bisa membuat wajah terlihat lebih tua. Masalah kesehatan yang rentan menyerang tubuh akibat kurang tidur, seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga stres.

Selain itu, hindari merokok yang akan mempercepat penuaan karena menjadi pemicu timbulnya kerutan dan garis halus di area mulut, membuat kulit menjadi kusam, hingga merusak gigi.

Stres juga menjadi faktor yang meningkatkan risiko terjadinya banyak masalah kesehatan. Penuaan dini dapat pula terjadi karena stres yang tidak bisa teratasi dengan baik. Untuk itu, perlu mengelola stress dengan meditasi, yoga, atau melakukan aktivitas yang disenangi, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau berjalan-jalan.

Editor : Ikawati

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut