get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Gunung Berapi Meletus di Islandia, Lava Menuju Kota Nelayan

Senin, 15 Januari 2024 | 11:45 WIB
header img
Islandia telah mengalami lima letusan gunung berapi selama tiga tahun terakhir. Foto: Halldor Kolbeins/AFP

DEPOK, iNewsDepok.id - Sebuah gunung berapi telah meletus di Islandia, mengeluarkan aliran lava cair ke pinggiran kota nelayan kecil dan melalap rumah-rumah.

Setidaknya tiga rumah terbakar pada hari Minggu ketika lahar mencapai tepi pelabuhan Grindavik. menurut rekaman langsung yang disiarkan di televisi publik

Sementara itu, belum ada laporan korban jiwa atau cedera dan penerbangan maskapai tidak terpengaruh.

Dilansir Al Jazeera Senin (15/1/2024), Presiden Islandia Gudni Johannesson menggambarkan bencana tersebut sebagai “hari kelam” bagi negaranya.

“Tidak ada nyawa yang terancam, meskipun infrastruktur mungkin terancam,” kata Johannesson di situs media sosial X.

Letusan terjadi sebelum jam 8 pagi waktu setempat (8:00 GMT) setelah pemerintah setempat mengevakuasi 4.000 penduduk kota tersebut menyusul serangkaian gempa kecil, kata Kantor Meteorologi Islandia.

Retakan yang terjadi di tanah sekitar 450 meter (500 yard) dari Grindavik pada Minggu pagi telah berubah menjadi retakan berukuran panjang sekitar 900 meter (984 yard) pada pukul 18.45, kata Kantor Meteorologi.

Retakan kedua terbuka sekitar tengah hari di pinggir kota, berukuran sekitar 100 meter (109 yard) pada malam hari, menurut kantor tersebut.

Ini adalah kedua kalinya gunung berapi yang terletak di barat daya ibu kota Reykjavik ini meletus dalam waktu kurang dari sebulan dan letusan gunung berapi kelima di negara Atlantik Utara tersebut dalam waktu kurang dari tiga tahun.

Grindavik dievakuasi pada bulan November setelah retakan besar terbuka di bumi sebelum terjadi letusan pada 18 Desember.

Sebelum letusan hari Minggu, petugas penyelamat telah membangun tembok pelindung di sekitar kota, dimana penduduk telah kembali ke sana pada tanggal 22 Desember, namun pembangunan tembok tersebut belum selesai.

Warga setempat, Sveinn Ari Gudjonsson, menggambarkan bencana tersebut sebagai sesuatu yang “tragis” bagi komunitas yang memiliki ikatan erat, yang ia ibaratkan seperti sebuah keluarga.

“Ini tidak nyata, seperti menonton film,” kata Gudjonsson, 55 tahun, dikutip dari kantor berita AFP.

Islandia, yang merupakan rumah bagi sekitar 370.000 orang dan terletak sekitar 1.300 km (807 mil) barat laut Inggris, adalah rumah bagi lebih dari 30 gunung berapi aktif, menjadikan pulau di Eropa utara ini sebagai tujuan utama wisata gunung berapi.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut