get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Krisis Air Bersih Dunia, Indonesia Terpilih Menjadi Tuan Rumah World Water Forum 2024

Sabtu, 06 Januari 2024 | 09:35 WIB
header img
Ilustrasi krisis air bersih di dunia. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Pemerintah dan berbagai pihak lainnya terus berupaya meningkatkan akses terhadap air bersih bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Ancaman krisis air bersih kian nyata, kondisi permasalahan air harus menjadi salah satu prioritas utama bagi seluruh negara di dunia saat ini.

Sebagai momentum peningkatan kerja sama untuk pengelolaan air secara global, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum di tahun 2024.

Mengusung tema "Water for Shared Prosperity", World Water Forum membawa harapan dan komitmen yang tinggi dalam menjaga sumber daya air untuk masa depan yang lebih baik.

Dibalik kekayaan sumber dyaa air yang melimpah, Indonesia memiliki berbagai permasalahan terkait air bersih dan sanitasi. Untuk itu sederet teknologi dihadirkan untuk membantu percepatan proses pengelolaan air di Indonesia.

Upaya ini dilakukan agar hasil sumber daya air dapat kembalu dimanfaatkan secara terus-menerus.

Grey Water adalah air limbah domestik yang berasal dari air buangan kegiatan trumah tangga, seperti cuci pakaian, masak atau mencuci peralatan masak, dan lain sebagainya kecuali yang berasal dari toilet (WC).

Air limbah akan diolah oleh sebuah sistem biorotasi yang mengandalkan instalasi biofolter dan tanaman sanita. Setelah diolah, air limbah akan dapat digunakan kembali menjadi air bersih yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan merupakan sistem yang paling sederhana dan bisa diterapkan instalasinya di setiap rumah.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut