get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Kekuatan Popeye: Mengungkap Misteri Makan Bayam

Awas! Inilah 9 Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Mentah, Simak Penjelasannya

Minggu, 24 Desember 2023 | 12:58 WIB
header img
Inilah 9 sayuran yang tidak boleh dikonsumsi secara mentah. Foto ilustrasi: Freepik/jcomp

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 9 sayuran yang tidak boleh dikonsumsi secara mentah. Meski sayuran memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tetapi ada beberapa hal yang menjadi buruk jika dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat.

Untuk penurunan berat badan atau pola makan sehat, banyak yang suka makan sayuran mentah, buah-buahan dan makanan lainnya. Ada yang meyakini makan sayuran mentah berarti lebih banyak konsumsi makanan utuh yang belum diolah, yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit dan memberi lebih banyak energi.

Tapi tidak semua sayuran bisa dinikmati dalam bentuk mentah, karena dapat menimbulkan potensi risiko kesehatan. Ahli gizi Deepika Jayaswal mengatakan meski memasak dapat memecah serat keras dan menetralkan senyawa berbahaya, konsumsi sayuran mentah menyebabkan masalah pencernaan dan terkena bakteri.

Meski sayuran mentah dapat dimasukkan ke dalam salad atau makanan ringan, sayuran mentah berdampak negatif terhadap kesehatan. Sayuran tertentu seperti kentang dan terong mengandung racun seperti solanin yang dapat dihilangkan dengan memasak.

Para ahli menyoroti, sayuran mentah dapat menampung bakteri berbahaya seperti e-coli pada bayam atau telur cacing pita yang dapat menyebabkan infeksi dan masalah pencernaan. Dengan dimasak, tidak hanya menetralisir risiko tersebut, tetapi juga meningkatkan rasa dan membuatnya mudah dicerna.

Lantas apa saja sayuran yang tidak boleh dikonsumsi mentah? Simak, inilah 9 sayuran yang tidak boleh dikonsumsi mentah, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Health Shots, pada Minggu (24/12/2023):

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut