get app
inews
Aa Read Next : Gluten dan Fungsinya Bagi Tubuh, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

5 Kiat Sehat Makan di Luar bagi Penderita Diabetes, Salah Satunya Perhatikan Porsi

Jum'at, 28 Juli 2023 | 19:11 WIB
header img
Bolehkah penderita diabates makan di luar? Berikut ini 5 kiat sehat makan di luar bagi penderita diabetes dengan memperhatikan apa yang boleh dan apa yang harus dihindari. Foto ilustrasi: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Bolehkah penderita diabates makan di luar? Berikut ini 5 kiat sehat makan di luar bagi penderita diabetes dengan memperhatikan apa yang boleh dan apa yang harus dihindari.  

Ketika makan di luar penderita diabetes tetap harus menjaga pola makan sehat, yang ketika menyantap makanan rumahan hal tersebut bisa fokus dilakukan. Sementara ketika makan di luar seringkali tergoda untuk menyantap makan penutup ataupun makanan lain seperti ayam goreng.

Meski diperbolehkan, tapi Dr. D.P. Singh, konsultan penyakit dalam dari Regency Superspeciality Hospital, Lucknow mengatakan sebaiknya makan di luar tidak menjadi kebiasaan. Frekuensi makan di luar bagi penderita diabetes bervariasi menyesuaikan kondisi kesehatan, tujuan pengelolaan diabetes dan pilihan yang tersedia di restoran.

Dianjurkan penderita diabetes memprioritaskan makan makanan rumahan, meski sesekali boleh makan di luar dan menikmati makanan dengan catatan tetap memperhatikan apa yang boleh dan apa yang sebaiknya dihindari sehingga makan tanpa rasa bersalah. Lantas apa saja yang sebaiknya dihindari?

Berikut ini dr. Singh menjelaskan kiat sehat makan di luar bagi penderita diabetes, mengenai apa yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Health Shots, pada Jumat (28/7/2023):

5 Kiat Sehat Makan di Luar bagi Penderita Diabetes

  1. Melatih mengontrol porsi makan

Penderita diabetes harus memperhatikan ukuran atau porsi makan saat makan di luar. Biasanya restoran menyediakan makanan dalam porsi besar, yang menyebabkan seseorang makan berlebihan dan menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

Sebaiknya tetap makan dengan porsi kecil, dengan berbagi makanan atau membungkus setengah porsi untuk dimakan nanti.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut