get app
inews
Aa Read Next : Menteri Sandi dan Thariq Halilintar Inspirasi dan Motivasi para Santri Bersaing di Kreatif Digital

Desa Wisata Perkebunan Bukit Lawang dengan Taman Nasional Gunung Leuser dan Orangutan Sumatera-nya

Kamis, 23 November 2023 | 12:38 WIB
header img
Dipimpin oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua, rombongan tiba di area depan Kantor Desa Wisata Perkebunan Bukit Lawang. Foto: Kemenparekraf RI

LANGKAT, iNewsDepok.id - Diselenggarakan sejak tahun 2021, untuk ketiga kalinya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menggelar program unggulan tahunannya yaitu Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Sukses di tahun 2021 dengan 1.831 peserta, meningkat tajam di 2022 dengan 3.419 Desa Wisata, dan di tahun 2023 ini menjadi 4.573 Desa Wisata terjaring dari Sabang sampai Merauke.

"Semangat ADWI 2023 ini mengedepankan Desa Wisata berkelas dunia untuk menggaungkan Indonesia lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya yakin, ini merupakan program yang tepat sasaran dengan basic komunitas masyarakat yang ada di desa. Saya yakin jika kita bisa beradaptasi, terus berkolaborasi dan berupaya meningkatkan inovasi dari Desa Wisata, kita bisa membuka lapangan kerja yang luas dan saya pastikan 4,4 juta lapangan kerja dapat tercipta sampai tahun 2024. Dan akhirnya dari desalah kita membangun Indonesia,” kutip pernyataan penuh semangat, Mas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam rangkaian gelaran ADWI 2023 ini Kemenparekraf RI melakukan serangkaian kunjungan ke Desa Wisata-Desa Wisata terpilih. Kali ini mereka mengunjungi Desa Wisata Perkebunan Bukit Lawang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Dipimpin oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua, rombongan tiba di area depan Kantor Desa Wisata Perkebunan Bukit Lawang dan diarahkan oleh Duta Wisata untuk melakukan protokol kesehatan CHSE. Indra dan rombongan disambut oleh Ibu-Ibu Nasyida, jajaran FORKOPIMDA, dan kemudian dipakaikan tanjak oleh tokoh masyarakat. 

Setelah duduk di area tenda presentasi, Indra dan rombongan mendapat welcome drink teh bunga telang dan jungle tea dari Ibu-Ibu PKK, dan kemudian menyaksikan tari penyambutan.

Setelah menyimak presentasi 5 kategori penilaian, Indra dan rombongan kemudian diajak berkeliling dan ber-ROJALI (rombongan jadi beli) ke area UMKM fesyen, kriya di gedung tenis sambil melihat workshop dari beberapa seniman. Saat di tenda UMKM kuliner, mereka pun menyaksikan live cooking Ibu-Ibu PKK.

Setelah selesai, Indra dan rombongan kembali ke area tenda presentasi untuk menyampaikan kesan dan undangan menghadiri penyerahan prasasti oleh Mas Menteri di Samosir.

Potensi Desa Wisata Perkebunan Bukit Lawang

Desa Wisata Perkebunan Bukit Lawang terletak di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang terletak 68 km sebelah Barat Laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah Barat Laut Kota Medan. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut