get app
inews
Aa Read Next : Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Awas! Inilah 5 Makanan yang Menguras Energi, Hindari agar Tetap Segar dan Aktif

Sabtu, 04 November 2023 | 15:32 WIB
header img
Inilah 5 makanan yang menguras energi. Foto ilustrasi: Freepik/Stockking
  1. Camilan atau makanan manis yang sarat gula

Camilan dan minuman manis memberikan lonjakan energi yang cepat, namun hal ini seringkali diikuti dengan penurunan energi. Jika dikonsumsi berlebihan, gula dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan insulin serta memengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga seseorang merasa lelah dan mudah tersinggung.

Untuk lebih sehat, sebaiknya pilih makanan rendah gula seperti buah-buahan segar dan biji-bijian untuk mempertahankan tingkat energi.

  1. Kelebihan kafein

Kafein memang dapat memberikan peningkatan energi sementara, tetapi konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan siklus ketergantungan. Ini dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan gejala penarikan diri sehingga seseorang merasa lelah.

Karena itu, jaga konsumsi kafein dalam jumlah sedang dan seimbang dengan hidrasi yang cukup. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengganggu tidur dan dapat menimbulkan kecemasan, karena itu kurangi minuman yang menguras energi ini.

  1. Alkohol

Alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi dan mengganggu kemampuan hati untuk mengatur kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya energi dan dapat mengganggu pola tidur.

Karena itu, batasi atau hentikan asupan alkohol. Selain itu, pastikan tetap terhidrasi untuk meminimalkan efeknya yang menguras energi.

Kesimpulannya, dengan menjaga asupan makanan dengan konsumsi makanan kaya nutrisi dan seimbang yang menyediakan sumber energi berkelanjutan. Pola makan sehat adalah dasar kehidupan berenergi tinggi, serta jangan lupa berolahraga.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 makanan yang menguras energi sehingga jika sering mengonsumsinya akan membuat seseorang tidak segar dan mudah lelah.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut