get app
inews
Aa Read Next : Investasi Lebih Untung karena Bebas Biaya, Eastspring Investments dan Maybank Tambah Fitur Baru DSC

Industri Asuransi Jiwa Terus Bertumbuh, Hasil Investasi Naik 241,5%

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 08:49 WIB
header img
Ki-ka: Simon Imanto (Ketua Bidang Keuangan, Permodalan, Investasi, dan Pajak AAJI), Budi Tampubolon (Ketua Dewan Pengurus AAJI), dan Novita Rumngangun (Ketua Bidang Marketing & Komunikasi AAJI). Foto: Novi

Konsisten Dukung Program Pembangunan Pemerintah

Berdasarkan data, sampai dengan Juni 2023, industri asuransi jiwa membukukan total aset mencapai Rp615,01 triliun. Hasil tersebut mengalami penurunan sebesar 0.5% jika dibandingkan dengan total aset pada Juni 2022. 87,6% total aset merupakan total investasi yang sampai periode tersebut mencatatkan nilai sebesar Rp538,77 triliun.

Ketua Bidang Keuangan, Permodalan, Investasi dan Pajak AAJI, Simon Imanto, menyatakan, total investasi industri asuransi jiwa sampai dengan Juni 2023 tercatat mengalami pertumbuhan 0,4% jika dibandingkan posisi total investasi pada Juni 2022.

“Hasil investasi yang tercatat naik signifikan salah satunya didukung oleh membaiknya ekosistem investasi di Indonesia serta penempatan investasi yang tepat dan sesuai dengan aturan yang diterapkan oleh regulator,” jelas Simon.

Dalam rangka mematuhi aturan yang berlaku, industri asuransi jiwa secara konsisten meningkatkan penempatan investasinya pada instrumen Surat Berharga Negara (SBN).

Sampai dengan Juni 2023, investasi pada instrumen SBN tercatat meningkat 36,1% menjadi Rp157,16 triliun. Hal ini sekaligus menjadi bukti komitmen industri asuransi jiwa dalam pembangunan jangka panjang pemerintah.

“Penempatan investasi yang dilakukan oleh industri asuransi jiwa wajib didasari oleh portofolio produk yang dipasarkan serta risk appetite dari para nasabahnya. Seiring dengan berlakunya SEOJK PAYDI yang mengatur porsi penempatan investasi, kami berharap ke depannya akan semakin banyak instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Sehingga para pemegang polis bisa mendapatkan manfaat produknya secara maksimal,” pungkas Simon.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut