get app
inews
Aa Read Next : Di Usia 22 Tahun, Natalia Devita Purnama Berhasil Menjadi Wisudawan S2 Termuda ITB 

Keterbatasan Fisik, Kakek Sugito Asal Muntilan Pilih Berkeliling Jualan Sapu Lidi Ketimbang Mengemis

Senin, 21 Agustus 2023 | 11:00 WIB
header img
Kakek Sugito, dengan keterbatasan fisiknya tak jadi penghalang baginya untuk berjualan sapu lidi di kawasan Candi Arjuna, Dieng, Banjarnegara. Foto: iNews Depok/Tama

BANJARNEGARA, iNewsDepok.id - Cuaca pagi di sekitar Dieng, Banjarnegara masih terasa dingin, meskipun matahari sudah mulai memberi kehangatan bagi seluruh mahluk hidup yang ada di bumi. Meskipun waktu masih menunjukkan pukul 09.00 pagi, Sugito, pria asal Muntilan, Kabupaten Magelang ini sudah mulai mencari nafkah di sekitar kawasan Candi Arjuna, di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bagi Sugito di umurnya yang semakin menua, belum saatnya bagi Sugito hanya berpangku tangan. Bahkan haram bagi pria yang berumur lebih dari 60 tahun ini untuk mengemis.

Meskipun kulit semakin mengeriput, kakinya tak lagi sempurna berjalan, dan tangan kanannya yang tidak lagi menggenggam keadaan hidup dengan baik karena keterbatasan fisiknya, Sugito tua ini masih mampu menjadi inspirasi bagi kaum muda yang masih terbersit rasa malas dan berpangku tangan.

Bagaimana tidak, meskipun rumahnya yang berada di Muntilan, sejak pagi Sugito sudah membaur dengan sejumlah wisatawan di kawasan wisata Candi Arjuna.

"Mas... Mba, mari beli sapu (lidi) saya. Buat penglaris," kata Sugito saat menyapa wisatawan di pelataran Candi Arjuna, Minggu (20/8/2023).

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut