get app
inews
Aa Read Next : Gluten dan Fungsinya Bagi Tubuh, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Panji Petualang Idap Diabetes, Ini Penjelasan Dokter Mengenai Kontrol Gula Darah dan Pola Makan

Kamis, 10 Agustus 2023 | 10:23 WIB
header img
Content creator satwa dan juga pawang ular Panji Petualang mengidap diabetes melitus. Foto: tangkapan layar YouTube Panji Petualang

Saat jarinya akan ditusuk jarum untuk memeriksa kadar gula darahnya, Panji terlihat tidak tenang dan grogi. Pria yang menikah dengan Nenty Estevany dan dikaruniai tiga orang anak ini meminta petugas untuk menggunakan perasaan saat menusuk pakai jarum.

Saat petugas menusuk jarum ke jarinya, Panji terlihat kesakitan hingga memejamkan mata dan sempat meringis. Setelah selesai, pria yang lahir di Jakarta, 27 Juli 1989 terlihat kembali biasa.

Setelah itu, pria yang pernah digigit ular king kobra peliharaannya yang bernama Garaga ini berkonsultasi dengan dokter Hafiz di Puskesmas, yang memberikan penjelasan mengenai penyakit gula atau diabetes tersebut. Menurut dokter, penyakit gula termasuk penyakit kronis.

“Gula darah ini kan penyakit kronis, kalau dalam medis pengobatan penyakit gula itu seumur hidup. Jadi harus konsumsi obat seumur hidup. Yang ditakutkan adalah komplikasi ke organ-organ lain,” ujar dokter yang menangani Panji, seperti dikutip iNewsDepok.id dari YouTube Panji Petualang, Kamis (10/8/2023).

Lebih lanjut dokter mengatakan bahwa yang paling aman dan bagus untuk penderita diabetes adalah disuntik insulin atau dengan obat oral yang diminum.

“Kalau kadar gula sudah seperti tadi biasanya double obatnya, ada dua jenis obat,” lanjut dokter.

Menurut dokter, bagi penderita diabetes seperti Panji Petualang, maka penting untuk mengontrol kadar gula darah.

“Jika gula darahnya sudah terkontrol maka otomatis makanan yang kita serap masuknya ke otot. Jika gula darahnya belum terkontrol, makanan yang diserap itu gulanya masuk ke dalam darah,” jelas dokter.

Untuk diketahui, penderita diabetes memiliki keadaan hormon insulin di dalam tubuh tidak berfungsi. Menurut dokter, hormon insulin berfungsi sebagai distributor dari makanan disebarkan ke organ lainnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut