get app
inews
Aa Read Next : Gluten dan Fungsinya Bagi Tubuh, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Panji Petualang Idap Diabetes, Ini Penjelasan Dokter Mengenai Kontrol Gula Darah dan Pola Makan

Kamis, 10 Agustus 2023 | 10:23 WIB
header img
Content creator satwa dan juga pawang ular Panji Petualang mengidap diabetes melitus. Foto: tangkapan layar YouTube Panji Petualang

 

DEPOK, iNewsDepok.id - Content creator satwa dan juga pawang ular Panji Petualang mengidap diabetes melitus. Tubuh Panji pun saat ini terlihat lebih kurus dari biasanya.

Sebelumnya, kondisi Panji yang semakin kurus ini menjadi sorotan setelah didatangi mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ke kediaman Panji Petualang di Purwakarta, Jawa Barat. Melansir channel YouTube Dedi Mulyadi, Dedi bertanya mengenai kondisi Panji Petualang yang terlihat kurus.

Sang pawang ular yang bernama lengkap Muhammad Panji mengatakan saat berobat ke klinik beberapa waktu lalu, kadar gula darahnya terbilang sangat tinggi menyentuh angka 292 mg/dL. Angka tersebut jauh melampaui batas angka normal kadar gula dalam darah.

Kadar gula darah normal berdasarkan Kemenkes RI, yakni gula darah puasa (setelah tidak makan selama 8 jam) adalah 70-99 mg/dL. Sementara kadar gula darah 1-2 jam setelah makan kurang dari 140 mg/dL, gula darah sewaktu kurang dari 200 mg/dL, gula darah sebelum tidur 100-140 mg/dL dan kadar gula darah 2 jam setelah makan (GD2PP) yang normal adalah 110-180 mg/dL. 

Dari pemeriksaan kadar gula darah saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram, bila kadarnya lebih dari atau sama dengan 200 mg/dL maka seseorang mengidap diabetes. Jika kadarnya 140-199 mg/dL maka seseorang mengidap gangguan toleransi glukosa, serta bila kadarnya kurang dari 140 mg/dL maka kondisinya normal.

Melalui channel YouTube Panji Petualang, baru-baru ini sang pawang ular memeriksakan kesehatan ke puskesmas untuk mengecek kadar gula darahnya. Dalam tayangan di channel YouTube-nya tersebut, Panji Petualang mengecek kadar gula darahnya ke Puskesmas Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat.

Saat jarinya akan ditusuk jarum untuk memeriksa kadar gula darahnya, Panji terlihat tidak tenang dan grogi. Pria yang menikah dengan Nenty Estevany dan dikaruniai tiga orang anak ini meminta petugas untuk menggunakan perasaan saat menusuk pakai jarum.

Saat petugas menusuk jarum ke jarinya, Panji terlihat kesakitan hingga memejamkan mata dan sempat meringis. Setelah selesai, pria yang lahir di Jakarta, 27 Juli 1989 terlihat kembali biasa.

Setelah itu, pria yang pernah digigit ular king kobra peliharaannya yang bernama Garaga ini berkonsultasi dengan dokter Hafiz di Puskesmas, yang memberikan penjelasan mengenai penyakit gula atau diabetes tersebut. Menurut dokter, penyakit gula termasuk penyakit kronis.

“Gula darah ini kan penyakit kronis, kalau dalam medis pengobatan penyakit gula itu seumur hidup. Jadi harus konsumsi obat seumur hidup. Yang ditakutkan adalah komplikasi ke organ-organ lain,” ujar dokter yang menangani Panji, seperti dikutip iNewsDepok.id dari YouTube Panji Petualang, Kamis (10/8/2023).

Lebih lanjut dokter mengatakan bahwa yang paling aman dan bagus untuk penderita diabetes adalah disuntik insulin atau dengan obat oral yang diminum.

“Kalau kadar gula sudah seperti tadi biasanya double obatnya, ada dua jenis obat,” lanjut dokter.

Menurut dokter, bagi penderita diabetes seperti Panji Petualang, maka penting untuk mengontrol kadar gula darah.

“Jika gula darahnya sudah terkontrol maka otomatis makanan yang kita serap masuknya ke otot. Jika gula darahnya belum terkontrol, makanan yang diserap itu gulanya masuk ke dalam darah,” jelas dokter.

Untuk diketahui, penderita diabetes memiliki keadaan hormon insulin di dalam tubuh tidak berfungsi. Menurut dokter, hormon insulin berfungsi sebagai distributor dari makanan disebarkan ke organ lainnya.

“Orang yang sakit gula, insulin itu rusak, jadi distributornya tidak ada,” kata dokter.

Lebih lanjut dokter penjelaskan kepada Panji Petualang mengenai cara mengatur pola makan. Berdasarkan saran dokter, sahabat presenter Irfan Hakin ini harus mengurangi makanan yang memiliki kadar gula tinggi. Karena itu, gula yang biasa dikonsumsi diganti dengan gula jagung.

“Pola makan kalau pagi sore biasa, malam stop nasi. Orang bilang nasi merah lebih bagus, sebenarnya kadar gulanya lebih rendah dari nasi putih, cuma sama saja,” ungkapnya.

Sebagai informasi, sang pawang ular Panji Petualang telah mengenal ular sejak usia 2 tahun. Saat itu ia tengah ke kamar mandi bersama ibunya. Setelah itu, ketertarikannya dengan hewan reptil semakin meningkat.

Hingga pada akhirnya ia mendapatkan pembimbing seekor pawang ular Indonesia Heru Gundul. Panji pernah menjadi host acara Panji Sang Penakluk di TvOne pada 2004 hingga 2009. Ia lalu menjadi pembaca acara Petualangan Panji yang tayang di Global TV pada 2009 hingga 2012.

Panji pernah menjadi host Teman Panji, My Trip My Adventure, Panji Petualang 911 dan I Love Indonesia. Panji juga bermain film Ashiap Man pada 2022 sebagai Panji Petualang.

Panji kerap membuat konten seputar hewan dan edukasi alam di kanal YouTube-nya. Salah satunya menampilkan pengalaman dengan ular, menanganinya, dan aktivitas lain terkait alam dan satwa liar.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut