get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Mahasiswa UB Perkenalkan Budidaya Akuaponik: Ikan Lele Dikombinasikan Kangkung dan Sawi

Senin, 07 Agustus 2023 | 07:03 WIB
header img
Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Universitas Brawijaya Kelompok 743 saat mengenalkan teknik budidaya sistem akuaponik di Balai Desa Dukuhtengah, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Foto: Istimewa

SIDOARJO, iNewsDepok.id – Mahasiswa Universitas Brawijaya memperkenalkan budidaya ikan lele dikombinasikan budidaya kangkung, selada dan sawi di Desa Dukuhtengah, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Budidaya kombinasi ikan dan sayuran yang dikenal sebagai akuaponik ini menjadi model inspiratif yang perlu dikembangkan dalam bidang pertanian dan perikanan yang berkelanjutan.

Pengenalan budidaya akuaponik dilakukan Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Universitas Brawijaya Kelompok 743 berlangsung pada Selasa, 25 Juli 2023. Bertempat di Balai Desa Dukuhtengah, masyarakat hadir mulai dari ibu-ibu PKK, karang taruna, dan perangkat desa. 

Mahasiswa MMD UB Kelompok 743 memberikan bantuan satu set akuaponik yang terdiri dari 1 ember dan 1 instalasi set paralon beserta 100 ekor benih ikan lele. 

Pengenalan budidaya akuaponik karena Desa Dukuhtengah memiliki potensi besar dalam bidang pertanian dan perikanan. Sebagaian besar masyarakat berprofesi sebagai petani dan beternak ikan. 

Muhammad Rizqy Ikrom Nuzuli, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Yuvinda Pretty Angelia, mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan bertindak sebagai pemateri dalam pertemuan dengan masyarakat Desa Dukuhturi.

”Kita harapkan budidaya akuaponik ini dapat memberikan manfaat dan alternatif terkait inovasi dalam bidang pertanian bagi masyarakat Desa Dukuhtengah,” kata Muhammad Rizqy Ikrom Nuzuli, mahasiswa UB Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Ia menjelaskan budidaya dengan sistem akuaponik dapat memaksimalkan penggunaan sumber daya seperti air, nutrisi, dan energi dengan efisien, serta mengurangi limbah dan menghasilkan hasil pertanian yang lebih berkelanjutan. 

Hidroponik dan akuaponik juga berkontribusi pada pengurangan pencemaran lingkungan karena menggunakan sirkulasi nutrisi yang berkelanjutan dan mengurangi penggunaan pupuk kimia. Keunggulannya sebagai sistem yang adaptable memungkinkan penerapan di berbagai lokasi, baik perkotaan maupun pedesaan. 

”Selain itu, media ini memberikan peluang untuk pendapatan ganda bagi petani dengan menghasilkan ikan dan tanaman secara bersamaan,” papar Muhammad Rizqy Ikrom Nuzuli.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut