get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Solusi Pakan Ternak saat Kemarau, Mahasiswa UB Perkenalkan Pakan Silase pada Peternak

Minggu, 20 Agustus 2023 | 14:14 WIB
header img
Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya (MMD-UB) kelompok 399 melakukan demo cara pembuatan silase Desa Kedawung, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, iNewsDepok.id – Mahasiswa Universitas Brawijaya memperkenalkan pakan ternak silase yang bisa disimpan sampai 1 tahun sehingga bisa menjadi solusi langkanya pakan ternak di musim kemarau.

Kelompok mahasiswa UB yang memperkenalkan silase adalah  Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya (MMD-UB) kelompok 399. Mereka sedang melakukan kegiatan KKN di Desa Kedawung, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Sosialisasi dilakukan sejak 28 Juli 2023.

Silase adalah sebuah proses pengolahan hijauan makanan ternak dengan cara diawetkan melalui proses fermentasi dan dapat disimpan dalam waktu lama berkisar 6 bulan hingga 1 tahun.

Dengan cara demikian, daun-daun yang menjadi pakan ternak bisa diawetkan sejak musim hujan untuk diberikan pada musim kemarau. Pada musim kemarau peternak biasanya kesulitan mencari pakan ternak karena sawah dan kebun kering.

Dengan teknik silase, kandungan nutrisi yang terdapat pada hijauan atau bahan pakan ternak lainnya tetap tersimpan hingga 1 tahun.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan kepada masyarakat bagaimana cara mengatasi kekurangan pakan pada musim kemarau.

Dalam acara sosialisasi, mahasiswa UB melakukan demo cara-cara membuat silase. Daun dipotong kecil-kecil dan kemudian diberi tetes fermentasi.

Pada acara tersebut, masing-masing peternak juga diberikan tetes fermentasi agar mereka bisa membuat silase sendiri di rumah masing-masing.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut