get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Lebih Mudah Tentukan Jadwal Pertemuan, Gmail Tambah Fitur Pengatur Jadwal

Jum'at, 14 Juli 2023 | 08:23 WIB
header img
Gmail tambah fitur baru untuk mengatur jadwal pertemuan antarpengguna. Foto: NurPhoto/Getty Images

DEPOK, iNewsDepok.id - Google mempermudah penggunanya dalam mengatur jadwal pertemuan atau rapat dengan orang lain melalui fitur baru di Gmail.

Hal tersebut diumumkan oleh Google melalui blog Workspace Updates pada Rabu (12/7/2023).

Google menambahkan fitur baru yang membantu pengguna dalam mengatur jadwal pertemuan dengan orang lain dengan cepat. Hal ini akan sangat berguna ketika mengatur jadwal dengan klien, pelanggan, atau partner bisnis. Dulunya pengguna harus menulis usulan jadwal secara manual, kini dipermudah dengan adanya fitur ini.

Ketika sedang menulis email di Gmail, pengguna akan melihat sebuah ikon baru berupa kalender dengan semua kegunaan terkait Google Calendar digabungkan dan mudah ditemukan. Saat dipencet, akan diberi dua opsi, yaitu "Tawarkan waktu senggang Anda" dan "Buat sebuah acara".

Jika memilih pilihan pertama, pengguna dapat memberi tawaran waktu senggangnya dan akan terbuka kolom kalender di sisi kanan.

Pengguna dapat memilih dan menyisipkan waktu pertemuan yang diusulkan langsung dari kalender pengguna ke dalam email tanpa keluar dari Gmail. Penerima nantinya dapat meninjau waktu yang diusulkan dan memilih salah satu langsung dari email untuk secara otomatis mendapatkan email dengan undangan kalender.

Untuk pilihan kedua, pengguna dapat membuat acara untuk menjadwalkan pertemuan dan membagikan informasi acara di email. Setelah memilih opsi tersebut, akan terbuka pembuatan acara kalender di sebelah kanan dengan penerima dan judul yang diisi sebelumnya dari email.

Ringkasan acara akan otomatis dimasukkan ke dalam isi email agar mudah dibagikan. Sebelumnya, fitur ini tersedia di menu tiga titik di atas tampilan percakapan email.

Google merilis pembaruan ini secara berkala mulai 12 Juli 2023 selama dua minggu bagi pengguna yang email organisasinya termasuk dalam domain Rapid Release. Sisanya atau pengguna dengan email domain Scheduled Release akan dapat mencoba fitur ini mulai 1 Agustus 2023.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut