get app
inews
Aa Read Next : Kementan Ajak Petani Muda Berpartisipasi di Young Ambassador Agriculture Lahan Rawa 2024

Wisata Murah Jadi Cara Pantai Kembar Terpadu Edukasi Masyarakat Tentang Penyu di Kebumen

Kamis, 13 Juli 2023 | 15:00 WIB
header img
Tempat penetasan telur penyu di objek wisata Pantai Kembar Terpadu. Foto: iNews Depok/Tama

KEBUMEN, iNewsDepok.id - Kabupaten Kebumen sebagai salah satu wilayah di Jawa Tengah bagian selatan, terkenal dengan kawasan pesisir yang memiliki sejumlah pantai eksotis. Tidak hanya itu, bahkan kita bisa temui objek wisata pantai yang juga menawarkan edukasi dalam konservasi penyu, seperti Pantai Kembar Terpadu Kebumen.

Objek wisata pantai di Kebumen yang berada di Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring ini, cukup menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan yang kebetulan berada di wilayah Kebumen. Selain pihak pengelola tidak membebankan masyarakat dengan harga tiket masuk, Pantai Kembar Terpadu ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang keanekaragaman hayati kehidupan laut, yaitu penyu.

Di pantai ini, selain masyarakat bisa menikmati keindahan pantai, para pengunjung bisa menyaksikan dan belajar langsung di tempat konservasi penyu. Para pengunjung yang datang, hanya membayar biaya masuk objek wisata seikhlasnya melalui kotak yang telah disediakan pengelola pantai.

Usaha warga membangun wisata pantai ini, tidak lepas dari semangat Muji Arisno sebagai Kepala Pengelola Pantai Kembar Terpadu dan Parjiman sebagai Ketua Kelompok Tani Ngudi Mulyo, beserta warga desa dan kelompok tani setempat yang bergotong-royong melestarikan keberlangsungan hidup penyu dan upaya membangkitkan wisata Pantai Kembar Terpadu.

Seperti diketahui, baik kawasan pantai dan tempat konservasi penyu, pihak pengelola tidak membebankan biaya masuk objek wisata kepada masyarakat.


Pengunjung belajar dan melihat langsung keberadaan penyu di Pantai Kembar Terpadu. Foto: iNews Depok/Tama

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut