get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Ini Alasan Pemain Tinju Profesional Tidak Pakai Baju saat Pertandingan

Jum'at, 07 Juli 2023 | 10:42 WIB
header img
Alasan petinju profesional tidak memakai baju atasan saat bertanding. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Dalam pertandingan tinju, tidak jarang kita melihat petinju yang bertanding tanpa mengenakan baju di atas tubuh mereka. 

Hal ini merupakan kebiasaan yang telah ada sejak lama dalam dunia tinju profesional. 

Namun, bagi beberapa orang, mungkin muncul pertanyaan mengapa petinju tidak memakai baju saat bertanding? Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi praktik ini.

Pertama-tama, alasan utama mengapa petinju tidak memakai baju adalah untuk memfasilitasi gerakan bebas. Tinju adalah olahraga yang memerlukan kecepatan, kelenturan, dan kekuatan yang optimal. 

Dengan tidak memakai baju, petinju memiliki kebebasan penuh untuk melakukan gerakan-gerakan tubuh mereka tanpa adanya kendala atau hambatan yang dapat menghambat kinerja mereka. 

Kain dari sehelai baju juga bisa menjadi penghalang atau mengganggu visibilitas petinju, sehingga tidak mengenakan baju dapat membantu mereka melihat lawan dengan lebih baik.

Selain itu, tidak memakai baju juga mempermudah penilaian juri dan penonton terhadap poin-poin yang diperoleh oleh setiap petinju selama pertandingan. 

Dalam tinju, pukulan-pukulan yang tepat dan kuat sangat penting untuk mendapatkan skor yang baik. Dengan tidak adanya baju yang menutupi tubuh, juri dan penonton dapat dengan jelas melihat pukulan-pukulan yang berhasil mencapai sasaran dan menghantam lawan dengan keras. 

Ini memudahkan mereka dalam menentukan siapa petinju yang lebih mendominasi pertandingan dan memperoleh poin yang lebih tinggi.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut