get app
inews
Aa Read Next : Suntik Booster ke-2 untuk Lansia Sudah ada di Seluruh Faskes Daerah DKI Jakarta

36 Warga Krukut Positif COVID-19, Salah Satunya Ibu Hamil

Senin, 10 Januari 2022 | 12:31 WIB
header img
Penerapan semi lockdown di Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, setelah 36 warganya terpapar Omicron. Foto: Antara

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 36 warga Krukut, Tamansari, Jakarta Barat terkonfirmasi COVID-19 yang diduga varian Omicron. Salah seorang di antaranya adalah ibu hamil. Puluhan warga ini sedang menjalani perawatan di tiga tempat berbeda di Jakarta.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) di Dinas Kesehatan DKI Dwi Oktavia mengatakan ada ibu hamil yang dirujuk ke salah satu rumah sakit.

Lokasi sekitar tempat tinggal yang diduga menjadi tempat penularan langsung dilakukan penutupan skala kecil (micro lockdown).

BACA JUGA:

Jumlah Pasien RSDC Wisma Atlet Naik Menjadi 1.978 Orang

”Kemudian dari wilayah dilakukan micro lockdown yang dikelola pimpinan setempat dan masyarakat di sana,” papar Dwi Oktavia.

Hingga saat ini Dinas Kesehatan DKI Jakarta masih melakukan pelacakan (tracing) terhadap warga yang diduga terpapar COVID-19 varian Omicron di kawasan Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.

Dwi Oktavia mengatakan, sebagian warga telah dibawa ke RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat untuk mendapatkan perawatan.

”Ya masih tracing terus. Hari ini masih terus dilakukan, kemudian dari hasil sebelumnya yang positif sudah diisolasi, mayoritas di Wisma Atlet. Kalau sudah tidak ada lagi proses penularaan yang berlanjut,” kata Dwi, Senin (10/1/2022).

BACA JUGA:

Cegah Omicron, Antisipasi Pemerintah Hadapi Lonjakan Kedatangan Luar Negeri Januari 2022

Sebelumnya, Lurah Krukut Ilham Nurkarin mengatakan, setelah melakukan tracing ada sebanyak 36 orang warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Lurah Krukut mengatakan tracing dilakukan setelah ada seorang wanita berinisial R (55) terkonfirmasi COVID-19 usai pulang dari perjalanan luar kota. R mengalami keluhan-keluhan seperti batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala hingga nyeri otot.

"R masih probable Omicron atau belum dipastikan terkena jenis COVID-19 varian Omicron. Saya tidak punya kewenangan menyampaikannya, silakan ditanyakan ke Dinas Kesehatan," kata Ilham pada Sabtu (8/1/2022).

Menurut Ilham saat itu, pihaknya melakukan tracing kepada warga sekitar lokasi rumah R. Pertama terdapat 13 orang dan kedua ada sebanyak 20 orang. Jika digabungkan dengan rujukan lain sehingga total 36 warga di sekitar rumah R terkonfirmasi COVID-19.

"Sebanyak 34 orang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran. Sisanya dirawat di Rumah Sakit (RS) Pelni dan RS Taman Sari," pungkasnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut