get app
inews
Aa Read Next : 5 Makanan dengan Nama Aneh Tetapi Nikmat, Nomor 4 Mie Lendir

Asal Usul Tempe, Makanan Vegan Terenak di Dunia yang Dikenal di Eropa dan Amerika Sejak Dulu

Kamis, 04 Mei 2023 | 09:33 WIB
header img
Inilah asal usul tempe, kuliner khas Indonesia yang perlu diketahui. Beberapa waktu lalu, kita berbangga karena kuliner khas Indonesia tempe goreng dinobatkan sebagai makanan vegan terenak di dunia. Foto: Pixabay/Dyah Ahsina Fahriyati

Indonesia tercatat sebagai produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Sebanyak 50 persen kedelai diolah menjadi tempe, 40 persen menjadi tahu, dan 1 persen produk lainnya, misal tauco, kecap, dan lain-lain.

"Konsumsi tempe rata-rata per orang per tahun di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 6,45 kilogram," ungkap laporan tersebut.

Tak hanya di Indonesia, tempe juga disukai banyak masyarakat dunia. Masyarakat Eropa sudah lama mengenal tempe. Tempe bisa terkenal di Eropa berkat imigran asal Indonesia yang menetap di Belanda.

Dari Belanda jugalah keberadaan tempe menyebar ke negara Eropa lain seperti Belgia hingga Jerman.

"Tempe sudah terkenal di beberapa negara Eropa sejak 1946," catat laporan itu.

Sementara di Amerika Serikat, tempe populer berkat Yap Bwee Hwa pada 1958. Yap Bwee Hwa diketahui adalah warga Indonesia yang pertama kali melakukan penelitian ilmiah mengenai tempe.

Di Jepang, tempe diteliti secara ilmiah sejak 1926 dan mulai diproduksi secara komersial sekitar 1983.

Karena itu, tak heran bila Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengusulkan tempe menjadi warisan budaya dunia UNESCO. Sehingga Sandiaga berharap kesejahteraan pelaku ekonomi kuliner berbahan dasar tempe dan juga petani kedelai akan meningkat.

“Sekaligus mendeklarasikan bahwa tempe memang makanan yang lezat dan patut mendunia. Memang tempe gak ada lawan," kata Sandiaga Uno beberapa waktu lalu.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut