get app
inews
Aa Read Next : Itikaf Malam Ganjil 23 Nanti Malam Berburu Lailatul Qadar, Hafalkan Doa Ini  

Sebentar Lagi Malam Nuzulul Quran, Berikut Keutamaannya dan Perbanyak Ibadah Ini

Kamis, 06 April 2023 | 08:34 WIB
header img
Malam Nuzulul Quran pada Ramadhan tahun ini bertepatan dengan hari Sabtu (8/4/2023). Foto ilustrasi: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Tak lama lagi umat Islam akan memasuki malam ke-17 Ramadhan, yang dikenal sebagai malam Nuzulul Quran. Pada Ramadhan 2023 ini, Nuzulul Quran bertepatan pada hari Sabtu (8/4/2023), berdasarkan sidang isbat pemerintah mengenai 1 Ramadhan 1444 H mulai Kamis (23/4/2023).

Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Alquran sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW pada malam ke-17 Ramadhan. Malam Nuzulul Quran di bulan Ramadhan adalah bulan khusus untuk Alquran karena Alquran turun ketika itu.

Seperti firman Allah SWT dalam QS. Al Baqarah ayat 185, yang berbunyi: “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an.”  

Malam Nuzulul Quran yakni turunnya Alqquran yang bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, peringatan turunnya ayat dalam Alquran yaitu surah Al-Alaq 1-5 kepada Rasulullah di Gua Hira.

Mengenai malam Nuzulul quran di malam Lailatul Qodar disebutkan dalam Alquran, Surat Al Qodar ayat 1-5, Allah SWT berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1)

  وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2)

 لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3)

 تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4)

 سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut