get app
inews
Aa Read Next : Sejumlah Kiai Tergabung MP3I Ajak Seluruh Elemen Bangsa Kembali Bersama Menuju Indonesia Emas 2045

Ini Cara Polsek Petanahan Ajak Petani dan Pedagang di Kebumen Untuk Bersedekah

Jum'at, 31 Maret 2023 | 22:43 WIB
header img
Polsek Petanahan bersinergi dengan sejumlah pedagang dan petani di Kabupaten Kebumen, untuk bersedekah ke pondok pesantren atau panti asuhan. Foto: Ist

KEBUMEN, iNewsDepok.id - Banyak cara menambah pahala di bulan suci Ramadan, salah satunya dengan bersedekah. Tidak melulu hanya dengan uang, sedekah juga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti yang dilakukan anggota Polsek Petanahan dan sejumlah petani dan pedagang di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Sedekah yang dilakukan kali ini cukup unik, dengan memberikan santunan bagi mereka yang membutuhkan dengan mengirim sejumlah kebutuhan pokok dan sayur mayur.

Kebutuhan pokok dan sayur mayur ini, diberikan oleh sejumlah pedagang dan para petani yang ada di Kebumen. Dalam penyalurannya, Polsek Petanahan menjembatani keinginan para donatur agar bantuannya bisa diterima oleh mereka yang membutuhkan.

Salah satunya penyaluran bantuan sosial (bansos) yang dikirimkan oleh anggota Polsek Petanahan ke sejumlah pondok pesantren dan panti asuhan yang ada di Kebumen.

Adalah Aiptu Nukhin Mulyadi dan Bripka Anggit Radityo, anggota Polsek Petanahan, yang tiap Selasa dan Jumat pagi sudah menjemput bantuan yang diberikan oleh sejumlah donatur tersebut.

Dengan menggunakan mobil patroli Polsek Petanahan, mereka menyambangi sejumlah pedagang di Pasar Petanahan, Pasar Tumenggungan Kebumen dan para petani yang ada di wilayah pesisir Kecamatan Petanahan, Kebumen, Jateng.

Kapolsek Petanahan, AKP Sugeng Riyadi mengatakan, program Jumat sedekah ini memang program rutin tiap Selasa, Jumat dan beberapa hari yang lain. "Giat rutin bantuan dilaksanakan pada hari Selasa, Rabu, Jum'at dan hari lain," kata AKP Sugeng Riyadi, kepada iNews Depok, Jumat (31/3/2023).

Sugeng menambahkan, sasaran bantuan tidak hanya pondok pesantren atau panti asuhan yang ada di Kecamatan Petanahan, tetapi juga sejumlah lokasi yang ada di kecamatan lainnya.

Adapun sasaran bansos yang diberikan antara lain:
1. Ponpes PPTQ Quantum Qolbu, Desa Tresnorejo, Kec. Petanahan.
2. Ponpes Darusa'adah, Desa Kritig, Kec. Petanahan.
3. Ponpes Miftahul Ulum, Desa Banjarwinangun, Kec. Petanahan.
4. Ponpes Al Istiqomah, Desa Tanjungsari, Kec. Petanahan.
5. Ponpes Riyadlotul Uqul, Desa Nampudadi, Kec. Petanahan.
6. Panti Asuhan Queen Latifah, Desa Candiwulan, Kec. Adimulyo.

Sugeng menjelaskan, pihak kepolisian hanya membantu menjembatani para donatur untuk bersedekah kepada sejumlah pihak yang membutuhkan.

Biasanya para donatur yang tidak mampu menyalurkan bantuan, akan menghubungi pihak Polsek Petanahan untuk berkoordinasi terkait penyaluran bantuan.

Beragam bantuan seperti hasil bumi, sayur mayur, buah-buahan dan kebutuhan pokok lainnya.

"Bansos dari para petani, pedagang yg ingin bersedekah, tapi tidak bisa menyalurkan sehingga dari hulu dikumpulkan, lalu mereka menghubungi kami. Selanjutnya, kami kirimkan ke ponpes atau panti asuhan yatim piatu," imbuh Sugeng.

Selain itu, selama Ramadan ini Kapolsek Petanahan juga mengimbau masyarakat untuk menjaga keamanan ketertiban masyarakat. Di antaranya seperti tidak bermain petasan selama Ramadan, dan mengajak warga untuk menjaga keamanan lingkungan rumah, khususnya saat salat tarawih dilaksankan.

"Kami mengimbau dan meminta masyarakat untuk tidak menyimpan, membuat dan meledakkan petasan. Selain itu, pada saat salat tarawih pintu rumah dikunci dengan baik, bila meninggalkan rumah matikan kompor, untuk hindari kebakaran," tegasnya.

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut