Sementara untuk untuk menangkal praktik percaloan tiket, KAI sudah lama menerapkan kebijakan one seat one passenger dan boarding system yang mewajibkan nama penumpang sesuai antara yang tertera di tiket dan di kartu identitas.
Adapun pemesanan tiket secara online melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI.
Sedangkan loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.
"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia," ucap Joni.
Seperti diketahui, sebagian masyarakat tengah memperbincangkan keberadaan calo yang berada di area Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Banyak masyarakat di media sosial tak menyangka bahwa di era digital ini, keberadaan calo tiket KA masih ada.
Editor : M Mahfud