get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Sebagian Warga Jember Memulai Puasa Ramadan Pada Rabu Ini

Rabu, 22 Maret 2023 | 02:32 WIB
header img
Umat Islam melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadan. Foto: dok Sindonews

JEMBER, iNewsDepok.id - Sebagian warga di Kabupaten Jember dan Bondowoso, Jawa Timur yang merupakan jamaah Pondok Pesantren Mahfilud Duror di Desa Suger Kidul, Kabupaten Jember mulai menjalankan ibadah shalat tarawih pada Selasa malam (21/3/2023). Oleh karena itu, para jamaah mulai menjalankan puasa pada hari Rabu.

"Insya Allah mulai besok Rabu (22/3/2023) kami sudah berpuasa karena malam ini sudah menjalankan ibadah shalat tarawih," kata Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mahfilud Duror KH Ali Wafa di Desa Suger Kidul, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, seperti dikutip Antara, Rabu (22/3/2023).

Pesantren yang berada di perbatasan Kabupaten Jember dengan Kabupaten Bondowoso itu beberapa kali melaksanakan puasa lebih awal sebelum pemerintah menetapkan awal Ramadan berdasarkan sidang isbat di Kementerian Agama.

"Penentuan awal puasa di Pesantren Mahfilud Duror berdasarkan kitab salaf Nushatul Majaalis wa Muntahobul Nafaais yang diterapkan sejak tahun 1826, sehingga tidak menggunakan metode hisab dan rukyat seperti yang dilaksanakan pemerintah dan Muhammadiyah," kata Ali Wafa.

Pihak pesantren menambahkan, penetapan awal puasa berdasarkan keyakinan yang menggunakan acuan sistem khumasi (dari Bahasa Arab artinya lima/khomsatun) yang berdasarkan pada kitab Nushatul Majaalis karangan Syeh Abdurrohman As Shufuri As Syafi'i yang sudah dijalankan ratusan tahun yang lalu.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut