get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Tepat Hari Ini, Kasus Positif Covid-19 Pertama Kali di Indonesia dari Depok

Kamis, 02 Maret 2023 | 15:13 WIB
header img
Tiga tahun Indonesia berjuang melawan pandemi Covid-19. Foto: iNews Depok/Tama

DEPOK, iNewsDepok.id - Tepat di tanggal ini, Kamis (2/3/2023), tiga tahun lalu virus Corona terdeteksi di Indonesia setelah tiga orang dalam satu keluarga di Kota Depok, Jawa Barat, dinyatakan positif Covid-19. Mereka adalah Sita Tsayutami, pasien 01, Maria Darmaningsih pasien 02 (ibu Sita), dan Ratri Anindyajati pasien 03 (kakak Sita).

Temuan kasus infeksi Covid-19 pertama di Indonesia itu diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Senin (2/3/2020).

Mereka diduga tertular virus SARS-COV-2 setelah berkontak langsung dengan warga negara (WN) Jepang saat tengah menyambangi Indonesia. "Minggu yang lalu ada informasi bahwa ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana ternyata positif corona," kata Jokowi.

"Orang Jepang ke Indonesia bertamu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," lanjutnya.

Mengutip wawancara dari MNC Portal Indonesia, Sita mengenang dirinya saat pertama kali mulai menjalani perawatan di rumah sakit Depok pada 27 Februari 2020, setelah merasakan sakit sejak 16 Februari 2020. Kemudian dirinya dikirim ke RSPI Sulianti Suroso, pada 1 Maret 2020, hingga kemudian dinyatakan positif pada 2 Maret 2020.

Setelah setahun keluar dari rumah sakit, Sita mengaku terjadi efek samping akibat penyakit Covid-19. Dia mengaku pada saat itu, nafasnya terengah-engah dan kondisi badan lemas.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut