get app
inews
Aa Read Next : Jerawat di Badan: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Inilah 2 Masalah Kulit yang Sering Dialami Perempuan, Begini Cara Mengatasinya

Kamis, 02 Maret 2023 | 14:33 WIB
header img
Inilah 2 masalah kulit yang sering dialami perempuan, yaitu penuaan dini atau keriput dan jerawat. Foto: Freepik/wayhomestudio

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 2 masalah kulit yang sering dialami perempuan, yaitu penuaan dini atau keriput dan jerawat. Tentunya 2 hal tersebut membuat penampilan menjadi kurang menarik.

Di sisi lain, setiap orang terutama kaum perempuan mendambakan kulit yang sehat. Namun, berbagai faktor memengaruhi kesehatan kulit wajah, seperti usia, lingkungan, hingga permasalahan kulit.

Berikut penjelasan para ahli mengenai 2 masalah kulit yang sering dialami perempuan, seperti dirangkum pada Kamis (2/3/2023):

2 Masalah Kulit yang Sering Dialami Perempuan

  1. Penuaan dini

dr. Lilik Norawati, Sp.KK., FINSDV, FAADV, dermatologist Klinik Kartika Estetika RSPAD Gatot Subroto, kulit wajah memiliki siklus pergantian sel secara alamiah. Proses penuaan kulit juga ada yang terjadi secara natural dan dapat dipengaruhi oleh banyak hal. 

Penuaan karena faktor intrinsik diitandai dengan kulit yang kendur serta kerutan dan garis-garis ekspresi yang terlihat lebih jelas.

Sementara untuk penuaan secara ekstrinsik ditandai dengan adanya age spots atau bintik hitam, deep wrinkles atau kerutan yang mendalam, epidermal atrophy atau kulit kering, dan leathery appearance atau kulit yang kasar.

Penuaan karena faktor intrinsik terjadi karena kerusakan alami, komponen kulit, dan penurunan kemampuan regenerasi sel.

“Pengaruh lingkungan seperti paparan sinar matahari, polusi, udara, asap rokok merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penuaan secara ekstrinsik,” ungkap dr. Lilik dalam acara “Skin Mikrobiome, Acne, Aging: Connecting the Dots”, belum lama ini.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut