get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

10 Rangkaian KRL Akan Pensiun, PT KCI Harapkan Impor Kereta Bekas Dari Jepang

Rabu, 01 Maret 2023 | 21:58 WIB
header img
KRL Commuterline Jakarta. Foto: iNews Depok/Tama

JAKARTA, inews Depok.id - PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) akan pensiunkan 10 rangkaian KRL tahun ini. Oleh karena itu, pihak PT KCI mengharapkan impor kereta bekas dari Jepang, untuk mengakomodir kebutuhan penumpang dalam waktu dekat.

Terkait hal tersebut, PT KCI buka suara soal polemik antara pihaknya dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), soal tidak diizinkannya melakukan impor rangkaian kereta bekas dari Jepang.

Vice President Corporate Secretary KCI Anne Purba mengatakan bahwa impor kereta bekas dari Jepang adalah pilihan utama pihaknya, untuk menggantikan 10 rangkaian kereta KRL yang akan dikonversikan tahun ini dan 19 pada tahun 2024.

Lebih lanjut Anne mengatakan, keputusan pemilihan tersebut didapatkan setelah pihaknya melakukan Forum Group Discussion (FGD) terlebih dahulu dengan melibatkan para stakeholders baik dari Kementerian, Pengamat dan komunitas pengguna commuterline.

"Hasilnya, impor kereta bukan baru memang menjadi pilihan utama untuk menggantikan kereta-kereta yang dikonservasi," kata Anne dalam keterangan resminya, Rabu (1/3/2023).

Anne mengatakan bahwa ada pilihan lain selain impor kereta bekas dari Jepang, yaitu dengan melakukan pembaruan teknologi, akan tetapi hal itu membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan mengimpor kereta.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut