get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Meredam Gejolak di Tahun Politik, BNPT Dorong FKPT Gelontorkan Narasi Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Selasa, 21 Februari 2023 | 18:04 WIB
header img
Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH saat Rakernas FKPT ke-X dengan tema "Bersama Memperkuat Persatuan dan Kesatuan untuk Indonesia Damai dan Harmoni” di Jakarta. Foto: doc BNPT

JAKARTA, iNewsDepok.id – Tiap tahun politik (pelaksanaan Pemilu), polarisasi masyarakat yang berlarut-larut membahayakan kehidupan sosial politik. Agar polarisasi tak berlarut-larut Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia menggandeng banyak pihak untuk menggelontorkan narasi semangat persatuan dan kesatuan.

Salah satu pihak yang digandeng BNPT adalah Forum Komunikasi Penanggulangan Terorisme (FKPT). FKPT beserta segenap anggotanya diminta untuk aktif dalam mengedukasi pentingnya  mengedepankan semangat persaudaraan, persatuan dan Kesatuan dalam berdemokrasi di tahun politik. 

Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH menyatakan polarisasi dalam tahun politik bisa menimbulkan masalah yang berlarut-larut akibat maraknya politik identitas. Isu yang menyangkut SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan)  berbalut narasi-narasi intoleransi, kekerasan dan kebencian. 

”Efek polarisasi harus diredam dan dihilangkan agar tidak mengarah pada disintegrasi dan friksi-friksi sosial yang memecah belah masyarakat,” kata Boy Rafli saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) FKPT Ke-X  dengan tema "Bersama Memperkuat Persatuan dan Kesatuan untuk Indonesia Damai dan Harmoni” di Jakarta pada Senin (20/2). 

"FKPT bisa ikut mengedukasi agar masyarakat kita gak terjebak dalam kebencian dan permusuhan antar sesama anak bangsa,” lanjut Boy Rafli Amar.

Boy menuturkan ada 7 bidang yang dijalankan FKPT di 34 provinsi yaitu Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Media Massa, Hukum dan Humas, Pemuda, Pendidikan, Perempuan dan Anak, Pengkajian dan Penelitian. 

”BNPT RI berharap FKPT dapat menginisasi kerjasama secara multi pihak (Pentahelix) dalam rangka menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan di tahun politik,” jelas Boy. 

Dengan semangat persatuan dan kesatuan yang terbangun, pesta demokrasi akan berjalan dengan baik. 

”Tanpa kebencian dan kekerasan,” tandas Boy.

Saat ini  FKPT di Indonesia memiliki 34 perwakilan dengan sekitar 306 pengurus. Terbaru terbentuk FKPT di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Lebak  Provinsi Banten. Sebelumnya di tahun 2022 telah terbentuk FKPT di Provinsi Papua dan Papua Barat.
 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut