get app
inews
Aa Read Next : Masalah Overstay Dan Pelanggaran Kontrak Kerja Masih Jadi Momok Bagi PMI di Hong Kong

Dukung BP2MI, Pos Indonesia Akan Sematkan Fitur Panic Button di Pospay untuk Pekerja Migran

Rabu, 15 Februari 2023 | 15:26 WIB
header img
Pelepasan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan destinasi Korea Selatan. Foto: Ist

Faizal yang sebelumnya menyaksikan video dari BP2MI, ketika sambutan kepala BP2MI Benny Rhamdani, memperlihatkan banyak PMI yang mendapat kekerasan ketika berjuang mengais rezeki di luar negeri, tercetus akan menyediakan fitur khusus di aplikasi Pospay bagi PMI. Fitur ini berupa saluran pengaduan demi mencegah kekerasan terhadap PMI.

“Jadi nanti di Pospay ada fitur khusus untuk informasi tentang PMI, kemudian dari Kepala BP2MI ini (fitur) ada panic button,” janji Faizal.

Fitur ini, tambah Faizal, penting sebagai langkah cepat Pemerintah Indonesia dalam merespons semua aduan dari PMI. Terutama jika PMI mendapat perlakuan yang tidak manusiawi di negara penempatan.

Faizal berharap semua PMI yang tersebar di semua negara dapat mengunduh aplikasi Pospay. Pasalnya, Pospay dapat digunakan PMI untuk berbagai transaksi keuangan.

Bentuk dukungan ketiga yaitu, pihak Pos Indonesia juga peduli terhadap keberlanjutan karir PMI sepulang dari negera penempatan. Mereka diharapkan bisa menempuh pendidikan di Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) secara daring untuk program D3, D4, dan S1 di sela PMI bekerja.

“Mereka bisa dapat gelar ketika mereka pulang ke Indonesia. Mereka punya pengalaman kerja, punya wawasan di luar negeri, dan juga pendidikannya meningkat sehingga ketika berwirausaha dan kalau bekerja lagi, kompetensinya lebih tinggi dan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik,” beber Faizal.

Berkaitan dengan Osman Sapta Odang yang juga sebagai Ketua Gebu Minang, Faizal menyebutkan bahwa Pos Indonesia dengan aplikasi Pospay nya, telah bekerja sama dengan Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang). Pihaknya menyediakan fitur khusus berlabel Pospay Gebu Minang yang memiliki anggota sekitar 16 juta orang.

Faizal ikut bangga dengan keberangkatan PMI yang diperhatikan pemerintah.

"Tapi kali ini saya bahagia melihat rasa kebahagiaan terpancar dari wajah para PMI Korea untuk ke luar negeri. Dengan bekerja di luar negeri bisa belajar hidup dan belajar bertanggung jawab. Karena ketika kembali, akan banyak pelajaran yang didapatkan. PMI adalah generasi muda, bercita-cita pulang ke Indonesia menjadi orang sukses," pungkas Faizal.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut