get app
inews
Aa Read Next : Tim Polres Depok Hibur Gibran, Anak Kelaparan yang Viral di Bojonggede

Ini Loh 'Hotel Merah Putih' Tempat Istirahat Gratis Yang Sering Dimanfaatkan Traveler

Sabtu, 11 Februari 2023 | 19:28 WIB
header img
SPBU milik Pertamina ini sering disebut sebagai 'hotel merah putih' oleh para traveler. Foto: iNews Depok/Tama

DEPOK, iNewsDepok.id - Hotel atau tempat beristirahat adalah komponen penting bagi para wisatawan untuk merehat lelah selama perjalanan. Meskipun berbagai jenis hotel atau penginapan dari berbagai model, fasilitas yang diberikan sering dimanfaatkan wisatawan, ada satu tempat yang disebut 'Hotel Merah Putih' yang dikenal memberikan layanan gratis untuk beristirahat.

Hotel merah putih tak lain adalah sebutan untuk stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang dimiliki Pertamina. SPBU milik Pertamina ini, identik dengan warna merah dan putih, maka muncul istilah hotel merah putih.

Banyak para anggota klub motor yang sering melakukan safari atau touring bersama, menyebut SPBU sebagai hotel merah putih, karena sering menjadi andalan para traveler ini untuk beristirahat dengan alasan untuk menghemat biaya pengeluaran perjalanan.

Hotel merah putih kabarnya pertama kali dipopulerkan oleh biker atau sejumlah komunitas klub motor di Indonesia. Ketika melakukan perjalanan jarak jauh atau touring, tempat ini menjadi favorit mereka. Banyak para biker menilai, selain sebagai lokasi untuk mengisi bahan bakar sepeda motor, SPBU juga dapat dipakai untuk melemaskan otot-otot tubuh, buang air kecil atau besar, bahkan tidur sejenak untuk melepas rasa kantuk. Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh Arrasyid Hakim, salah satu anggota klub motor Adventure Brotherhood 225, yang bermarkas di Citayam - Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.

"Untuk kapan pastinya istilah hotel merah putih yang pasti udah lama. Dari tahun 2000-an, tempat itu sudah jadi istilah oleh anak-anak bikers. Itu kan SPBU, dan sering dimanfaatkan teman-teman untuk buang air kecil dan istirahat, bagi teman-teman bikers," kata Hakim kepada iNews Depok, Sabtu (11/2/2023).

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut