get app
inews
Aa Read Next : Genomik: Membentangkan Langkah Baru dalam Perang Melawan Kanker Payudara

5 Makanan Pemicu Kanker Payudara, Belajar dari Nunung Srimulat Yuk Batasi Konsumsinya

Minggu, 05 Februari 2023 | 07:00 WIB
header img
5 Makanan Pemicu Kanker Payudara,, salah satunya makanan olahan seperti sosis. Foto ilustrasi: Pixabay/Daniel Friesenecker
  1. Daging yang sudah diproses

Pada daging yang sudah diproses seperti sosis, ham dan bacon menggunakan bahan pengawet. Menurut peneliti, pengawet tersebut bermetamorfosis menjadi bahan penyebab kanker ketika berada di dalam tubuh.

"Jadi, tahan keinginan untuk makan hotdog. Bila sudah tak tahan, makan daging yang sudah diproses hanya pada acara-acara spesial, ya," demikian laporan Kemenkes.

  1. Daging merah yang dibakar

Daging merah yang dibakar seperti steak atau sate memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan payudara. Makanan ini diketahui dapat memicu terbentuknya sel kanker di payudara.

Dampaknya memang tidak langsung, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan dalam jangka panjang dapat memicu kanker payudara. Sebaiknya, batasi konsumsi sate dan steak tidak lebih dari 500 gram dalam seminggu.  

"Makanan yang dibakar kemungkinan besar akan membentuk heterocyclic amines (HCAs). HCAs ditengarai berpotensi menyebabkan kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker prostat," tulis laporan Kemenkes.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut