get app
inews
Aa Read Next : Pengguna Melonjak Hingga 170 Juta di 2023, DANA Optimis Sambut 2024

Melawan Sensor Kremlin, Situs Berita Meduza Bertekad Tetap Beroperasi

Jum'at, 27 Januari 2023 | 09:49 WIB
header img
Situs berita Meduza secara resmi diblokir oleh pemerintah Rusia karena mengutuk Operasi Militer Khusus dan mengkritik presiden Vladimir Putin. Foto: meduza.io

Di tahun tersebut, Meduza kehilangan 159,6 ribu Euro (2,5 miliar Rupiah). Setahun kemudian, kerugian meningkat tajam hingga mencapai 1,1 juta Euro (17,9 miliar Rupiah). 

Penetapan Meduza sebagai agen asing pada April 2021 kemudian menyebabkan kerugian pendapatan iklan sebesar 80%. Pendiri Medusa, Galina Timchenko, menyebut peristiwa April sebagai salah satu krisis paling serius bagi media yang digagasnya. 

Serangkaian kerugian dana tersebut menyebabkan Meduza kian bergantung pada donasi dari pembaca dan pendukung untuk mendanai para stafnya. 

Program crowdfunding yang diterapkan oleh Meduza untuk audiens Eropa berhasil mengisi kembali pemasukan, namun nilainya tidak mencapai setengah dari sumbangan rutin yang sebelumnya diterima dari pembaca berbahasa Rusia. 

Pemberangusan oleh pemerintahan Vladimir Putin setelah pecahnya konflik di Ukraina pada Maret 2022 membuat Meduza terus kehilangan audiensnya.

Pada September hingga November tahun lalu, situs berita tersebut kehilangan 23% pengunjung. Angka tersebut diperkirakan meningkat pasca sensor terbaru oleh Roskomnadzor.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut