get app
inews
Aa
Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Muhammadiyah DKI Dorong Masyarakat Bijak Manfaatkan Air

Kamis, 19 Januari 2023 | 01:10 WIB
header img
Muhammadiyah DKI Jakarta bersama PAM Jaya dalam Sosialisasi Kedaulatan Air untuk Warga Jakarta. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Muhammadiyah DKI Jakarta berkomitmen untuk mendorong masyarakat mengurangi penggunaan air tanah, memanfaatkan air secara baik dan bijak, serta mendorong pemerintah daerah untuk menjamin ketersediaan air bersih plus murah untuk menjamin kebutuhan hidup warga.

"Muhammadiyah DKI Jakarta ingin berperan dalam perilaku pemeliharaan air yaitu pendidikan perilaku ramah air, seperti tidak menggunakan air tanah, serta menyediakan resapan air sebagaimana diatur dalam Fikih Air Muhammadiyah," kata Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta Sun'an Miskan dalam keterangan di Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (18/1/2023).

Hal tersebut disampaikan  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta saat penyelenggaraan Sosialisasi Kedaulatan Air untuk Warga Jakarta di Cikini, yang didukung oleh BUMD PAM Jaya.

Menurut Sun'an, kegiatan yang dihadiri perangkat pimpinan Muhammadiyah DKI Jakarta sampai tingkat cabang dan organisasi otonom, serta para akademisi dan pejabat PAM Jaya ini, merupakan bentuk dukungan mereka terhadap upaya PAM Jaya memberikan kedaulatan air di DKI Jakarta, dan bagian dari Syiar Musyawarah Wilayah Ke-22 Muhammadiyah DKI Jakarta yang diselenggarakan pada 11-12 Maret 2023.

"Dalam Al-Quran, ada 63 ayat yang menjelaskan tentang pentingnya air, maka menjaga air merupakan kewajiban bagi seluruh manusia. Karenanya, sosialisasi tentang kedaulatan air hari ini, merupakan hal penting untuk menjaga keberlangsungan kehidupan," kata Sun'an.

Sementara itu, Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan tanggal 2 Februari 2023 PAM Jaya akan mengambil alih pelayanan air minum perpipaan di DKI Jakarta setelah 25 tahun dikelola oleh mitra swasta.

Pengambilalihan ini, diharapkan dapat menjadikan pelayanan air minum perpipaan akan berorientasi pada kedaulatan air di DKI Jakarta, dan bukan mengedepankan keuntungan semata.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut