get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

TKA Asal China dan Tenaga Kerja Indonesia Bentrok di Morowali Utara, Dua Orang Tewas

Minggu, 15 Januari 2023 | 20:10 WIB
header img
Bentrokan di PT GNI di Morowali Utara, Sulawesi Tengah berlangsung mencekam. Dua nyawa melayang akibat peristiwa bentrokan ini. Foto: Mukhtaruddin/MNC Portal Indonesia

MOROWALI UTARA, iNewsDepok.id - Bentrokan di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah berlangsung mencekam. Dua nyawa melayang akibat peristiwa bentrokan ini. Keributan ini melibatkan pekerja lokal dan tenaga kerja asing (TKA) dari China.

Peristiwa berawal dari aksi mogok kerja karyawan lokal menuntut haknya. Di antaranya berupa kenaikan upah. Namun dalam aksinya, tidak ditemukan jalan keluar dari aksi mogok kerja tersebut, pada Sabtu (14/1/2023).

Dalam aksinya, karyawan lokal mengeluarkan tuntutan, pertama, perusahaan wajib menerapkan prosedur K3 sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kedua, menuntut perusahaan wajib memberikan APD lengkap kepada pekerja sesuai standarisasi jenis pekerjaannya atau resiko kerja yang ada dilokasi kerja tersebut.

Ketiga, menuntut perusahaan segera membuat peraturan perusahaan. Keempat, stop pemotongan upah yang sifatnya tidak jelas. Lima, stop PKWT untuk pekerjaan yang bersifat tetap.

Saat aksi konvoi, tiba-tiba sejumlah TKA asal China mengadang dan mengejar massa demo yang berasal dari pekerja lokal.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut