get app
inews
Aa Read Next : Dukung Pemilu Damai, BEM UI Tegaskan Tidak Terafiliasi Unsur Politik Mana Pun

Penyebab Ukraina Sulit DIkalahkan Rusia, Ternyata Diam-Diam Marinir Inggris Ikut Bertempur Langsung

Rabu, 14 Desember 2022 | 06:44 WIB
header img
Robert Magowan sebelumnya menjabat sebagai Panglima Marinir Kerajaan Inggris. Kini ia adalah Wakil Kepala Staf Pertahanan di Kementerian Pertahanan Inggris. Foto: GOV.UK

JAKARTA, iNewsDepok.id - Letnan Jenderal Robert Magowan menulis dalam jurnal resmi bahwa Marinir Kerajaan Inggris melakukan operasi berisiko tinggi di Ukraina pada bulan April.

Sebelum pengakuan Magowan, klaim Rusia bahwa pasukan NATO aktif di Ukraina telah dibantah oleh analis dan media Barat.

Mengutip dari Russia Today, anggota 45 Komando Marinir Kerajaan meninggalkan Ukraina pada bulan Januari setelah mengevakuasi kedutaan Inggris di Kiev ke Polandia.

Namun, sekitar 300 anggota unit elit dikirim kembali ke negara itu pada April untuk membangun kembali misi Inggris di Kiev sebelum melakukan operasi rahasia lainnya, tulis Magowan pada Selasa (13/12/2022) waktu setempat.

Ia menambahkan bahwa operasi ini berlangsung di lingkungan yang sangat sensitif serta tingkat risiko politik dan militer yang tinggi.

Sementara Magowan tidak merinci misi apa yang dilakukan pasukan komando, pernyataannya menandai pertama kalinya Inggris mengakui pasukannya melakukan operasi khusus di Ukraina. 

Kementerian Pertahanan menolak untuk mengkonfirmasi laporan sebelumnya tentang pasukan khusus Inggris yang melatih pasukan Ukraina di Kiev pada April.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut