get app
inews
Aa Read Next : Akhirnya Balon Mata-Mata China Ditembak, Menlu AS Batalkan Kunjungan ke China

Bantuan untuk Kiev Terus Berdatangan, Washington Buktikan Janji ke Ukraina

Sabtu, 10 Desember 2022 | 06:30 WIB
header img
Sejak 2014, Amerika Serikat telah memberikan sekitar $21,9 miliar untuk membantu Ukraina mempertahankan integritas teritorialnya, mengamankan perbatasannya, dan meningkatkan interoperabilitas dengan NATO. Foto: ABC News

JAKARTA, iNewsDepok.id - Washington akan mengirim paket bantuan keamanan lain ke Kiev. Dana senilai $275 juta diharapkan akan diumumkan secara resmi pada Jumat (9/12/2022).

Bantuan keamanan akan mencakup roket untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS), amunisi 155mm, kendaraan Humvee, dan generator, seperti dilansir dari Russia Today.

Akan tetapi, isi dan ukuran paket bantuan dapat berubah sebelum disetujui oleh Presiden AS Joe Biden.

Langkah baru tersebut diperkirakan akan dicakup oleh Otoritas Penarikan Presiden, yang memungkinkan Washington untuk mengirimkan peralatan militer dengan cepat dan tanpa persetujuan kongres.

Departemen Pertahanan AS telah menegaskan bahwa mendukung Ukraina dengan sistem pertahanan udara telah menjadi prioritas mutlak bagi negara-negara Barat sejak Rusia mulai menargetkan infrastruktur energi negara tersebut.

Pengeboman berulang kali meningkat setelah Moskow menuduh Kiev melakukan serangan teroris pada struktur Rusia, termasuk Jembatan Krimea.

Pada awal November, Pentagon mengumumkan paket keamanan senilai $400 juta untuk Ukraina, yang mencakup amunisi untuk sistem pertahanan udara HAWK serta empat sistem pertahanan udara Avenger dan rudal Stinger tambahan.

Pada bulan yang sama, Ukraina menerima dua Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Tingkat Lanjut Nasional (NASAMS) pertama, dengan Washington berjanji untuk mengirim enam lainnya.

Sejak awal konflik, AS telah memberikan lebih dari $19 miliar bantuan keamanan ke Kiev.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut