get app
inews
Aa Read Next : Pertamakali! Xtracare, Skincare Berteknologi Ion Balancing Minerals, Rawat Kulit dari Luar dan Dalam

Penuaan Mulai Terjadi Saat Usia 30 Tahun, Berikut 4 Tips Tetap Tampil Awet Muda

Senin, 05 Desember 2022 | 07:06 WIB
header img
Penuaan Mulai Terjadi Saat Usia 30 Tahun, Berikut 4 Tips Tetap Tampil Awet Muda. Foto ilustrasi: Freepik/diana.grytsku

DEPOK, iNewsDepok.id - Penuaan akan terus terjadi pada seseorang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, bila usia sudah memasuki 30 tahun sebaiknya kita melakukan pencegahan agar tetap tampil awet muda meski usia terus bertambah.

Penuaan terjadi karena dua faktor, yakni faktor instrinsik atau dari dalam dan faktor ekstrinsik atau dari luar. Faktor intrinsik seperti bertambahnya usia.

Secara intrinsik, penuaan kulit terjadi seiring dengan menurunnya produksi serat kolagen dan elastin pada lapisan dalam kulit atau dermis. Alhasil, kulit mulai kendur dan timbul keriput.

Sementara faktor ekstrinsik dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari, polusi, asap rokok, gaya hidup seperti pola makan dan lain sebagainya.

Meski usia terus bertambah, karena memang tidak bisa dicegah, tetapi jangan khawatir karena proses penuaan kulit bisa diperlambat. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penuaan kulit yang terjadi agar tampilan kulit tetap awet muda.

Berikut 4 tips tetap tampil awet muda meski usia sudah di atas 30 tahun, seperti dikutip dari keterangan pers NourishSkin Ultimate pada Senin (5/12/2022):

  1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Untuk mencegah penuaan maka kita harus melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

Pasalnya, paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak serat kolagen dan elastin sehingga mempercepat proses penuaan sekaligus merangsang produksi pigmen kulit penyebab timbulnya flek hitam.

Untuk itu, sebaiknya mengaplikasikan tabir surya dengan SPF antara 30 dan 50 ke kulit setiap hari agar kulit terlindungi. 

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut