get app
inews
Aa Read Next : Karhutla Melonjak, Indonesia Menjadi Salah Satu Penyumbang Emisi Gas Rumah Kaca Terbesar di Dunia

Akun YouTube BNPB Diretas, Bareskrim Dalami Peretasan Itu

Jum'at, 10 Desember 2021 | 08:11 WIB
header img
Tangkapan layar akun YouTube BNPB yang diretas

JAKARTA, iNews.id - Saat ini Bareskrim Polri tengah mendalami dugaan peretasan yang dialami oleh akun resmi YouTube Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB). Bareskrim melakukan pengusutan terhadap pihak yang diduga melakukan peretasan terhadap akun YouTube resmi BNPB tersebut.

"Sudah dikomunikasikan dan didalami oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Jumat (10/12/2021). 

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas BNPB Rita Rosita membenarkan kejadian dugaan peretasan itu. Rita menyampaikan pihaknya tengah berupaya mengembalikan akun tersebut saat ini.

“Iya, ada sedikit kendala. Saat ini staf kami sedang mencoba memperbaikinya,” kata Rita. 

Sebagaimana diketahui, akun resmi BNPB dalam pencarian YouTube berubah menjadi akun aset kripto Ethereum 2.0. 

Bahkan, menayangkan siaran langsung perbincangan aset kripto oleh pendiri Ethereum, Vitalic Buterin, yang tidak ada kaitannya dengan BNPB.

Siaran langsung berjudul Ethereum CEO: Ethereum Breakout! Ethereum News, ETH 2.0 RELEASE Date, pada Kamis (9/12/2021) sekitar pukul 10.00 WIB. Tayangan tersebut tampak sedang ditonton oleh sekitar 14 ribu orang.

Sementara itu, tayangan di akun BNPB lainnya masih ada dan tidak dihapus. Tayangan terakhir yang ada di akun YouTube BNPB sebelum diretas adalah konferensi pers juru bicara penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

 

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut