get app
inews
Aa
Read Next : Waspada! Sebagian Wilayah di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat hingga 10 Maret

Cuaca Ekstrem Selama Libur Nataru, BNPB Ingatkan Masyarakat Waspada selama Berwisata

Selasa, 27 Desember 2022 | 04:40 WIB
header img
Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam diskusi wawancara. Foto: iNews Depok/BNPB TV

DEPOK, iNewsDepok.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan kesiapsiagaan masyarakat akan anomali cuaca ekstrem saat akan berwisata pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam diskusi daring bertema 'Disaster Briefing', dirinya mengatakan masyarakat diminta waspada selama berwisata di kawasan air terjun, sungai dan pantai.

Saat ini, banyak masyarakat yang menggemari wisata petualangan seperti berkemah atau glamping. Abdul Muhari mengingatkan untuk mewaspadai kawasan sungai atau air terjun, khususnya apabila terjadi hujan lebat selama lebih dari dua jam.

"Kalau terjadi hujan lebih dari 2 jam visibility (jarak pandang,red.) kita kurang, maka segera dulu naik ke tempat yang lebih aman. Tunggu sampai hujan reda 1-2 jam, lihat apabila tidak terjadi peningkatan debit signifikan baru kita kembali lagi," kata Abdul dalam diskusi wawancara, Senin (26/12/2022) malam.

Sementara untuk masyarakat yang berwisata di sekitar pantai, Abdul mengingatkan agar selalu memastikan informasi cuaca ekstrem dari BMKG.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut