get app
inews
Aa Read Next : BMKG Analisis Adanya Peningkatan Curah Hujan, Warga Pesisir Utara DKI Jakarta Diminta Antisipasi

Waspada! Sebagian Wilayah di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat hingga 10 Maret

Selasa, 28 Februari 2023 | 16:39 WIB
header img
Sebagian wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dari tanggal 1 hingga 10 Maret 2023. (Foto: Ilustrasi).

JAKARTA, iNewsDepok.id - Sebagian wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dari tanggal 1 hingga 10 Maret 2023. Hal tersebut diungkap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).  

Menurut Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, pada periode Dasarian I wilayah Indonesia yang masuk kategori hujan cukup tinggi yakni di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Lebih lanjut Aam, sapaan akrab Abdul Muhari, menjelaskan yang harus dilihat saat ini Dasarian I di bulan Maret 2023. Secara keseluruhan memang Indonesia memiliki hujan kategori rendah dan menengan.

“Namun, ada peluang hujan cukup tinggi di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Selatan dan Papua, meskipun ini temporary atau tidak dengan durasi yang cukup panjang,” ujar Aam, seperti dikutip dari laman YouTube resmi BNPB, Selasa (28/2/2023).

Sementara, jelas Aam, potensi hujan cukup tinggi berpotensi terjadi di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara akhir Februari 2023. 

“Kita sudah sampaikan Minggu lalu di awal dari 21 sampai 27 Februari ini mungkin sekitar Jawa, Bali, Nusa Tenggara yang berpeluang intensitas hujan cukup tinggi yang potensi banjirnya pasti mengikuti,” jelasnya.

Berdasarkan laporan BMKG, kata Aam, intensitas hujan tinggi mulai bergeser pada awal Maret 2023. Sebelumnya, hujan intensitas tinggi ada di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. 

Namun, pada awal Maret 2023 akan bergeser ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut