get app
inews
Aa Read Next : 5 Penyebab Sakit Perut Setelah Makan Buah, Ini Cara Mengatasinya

5 Tips Jitu Agar Penyakit Asam Lambung Tak Kambuh, Salah Satunya Soal Jam Makan

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 10:22 WIB
header img
Ilustrasi sakit asam lambung. Foto: Freepik/jcomp

DEPOK, iNewsDepok.id - Penyakit asam lambung tidak boleh disepelekan begitu saja karena bisa mengganggu aktivitas. Penyakit asam lambung dikenal dengan istilah gastroesophageal reflux disease (GERD).

GERD adalah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. GERD kerap menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area bagian bawah dan perut.

Penyakit ini rentan kambuh atau asam lambungnya naik bila seseorang memiliki jam makan yang tidak tepat atau berantakan, serta makanan yang dikonsumsi.

Berikut 5 tips jitu agar penyakit asam lambung tidak kambuh, seperti dilansir dari berbagai sumber pada Sabtu (8/10/2022):

  1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Sangat penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Jenis makanan yang mengandung minyak dan lemak tinggi, makanan dengan cita rasa pedas dan asam, dan juga minuman berkarbonasi yang dapat memicu asam lambung atau GERD ini.

  1. Kontrol jumlah makanan

Jumlah banyaknya makanan dalam sekali makan juga perlu diperhatikan. Asam lambung naik tidak hanya disebabkan oleh telat makan, tetapi kekenyangan  juga akan menyebabkan hal yang sama. Semakin banyak Anda makan, produksi asam lambung pun lebih banyak, sehingga semakin besar kemungkinannya untuk naik.

  1. Atur jam makan

Penderita asam lambung atau GERD harus mengatur jam makan agar tidak memicu reflux serta rasa yang tidak nyaman akibat gas asam di perut yang naik ke kerongkongan. Jam makan yang benar untuk penderita asam lambung atau GERD dalah tiga atau empat jam sebelum tidur atau berbaring. 

  1. Jadwal makan malam yang tak teratur

Pola makan tak teratur khususnya di malam hari, menjadi salah satu kebiasaan yang tidak kita. Jam makan sebelum tidur dapat menjadi penyebab asam lambung naik. Hal ini disebabkan karena setelah makan, Anda tidak menyediakan cukup waktu bagi tubuh mencerna makanan dengan langsung tidur.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi asam lambung yang naik, sebaiknya hindari makan dua jam sebelum tidur. Selain itu, makanlah secara teratur agar lambung dapat bekerja dengan baik untuk mencerna makanan yang dikonsumsi sesuai waktunya.

5. Hindari makan sebelum tidur

Melansir aboutgerd.org, pencernaan ternyata bisa meningkatkan jumlah asam lambung bila terlalu sering berbaring atau tidur tepat setelah makan. Saat berbaring, kemampuan Lower Esophageal Sphincter (LES) untuk mencegah isi lambung naik ke kerongkongan berkurang.

Kemudian pada saat bersamaan, banyak asam lambung yang bergerak naik saat berbaring dan kemudian memicu refluks. Waktu dapat bervariasi dari individu ke individu, tetapi umumnya, makan makanan kurang dari tiga atau empat jam sebelum tidur tidak dianjurkan untuk penderita GERD.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut