get app
inews
Aa Read Next : Ditegur Ortu Karena Idolakan Adolf Hitler, Remaja di Cakung Tewas Setelah Terjun Dari Lantai 13

Merawat Sejarah Dengan Membuat Replika Senjata PD II

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 16:59 WIB
header img
Beberapa model replika senjata perang dunia II. Foto: Tama/ iNewsDepok.id

JAKARTAiNewsDepok.id - Beragam cara untuk mempelajari sejarah masa lalu, khususnya sejarah perang dunia II hingga perang kemerdekaan Indonesia. Mulai dari membaca literasi sejarah, reka ulang, teatrikal dan lain sebagainya.

Ada hal unik lain yang tak kalah seru dalam hal mempelajari sejarah perang masa lalu. Salah Dionisius Cahyo, warga Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang memiliki hobi unik yaitu membuat replika senjata perang dunia II.

Banyak replika yang dibuat pria yang akrab disapa Dion ini, mulai dari replika senjata model tentara Amerika seperti Thompson, M1 Garand, M1 Carbine. Ada juga senjata Arisaka (Jepang), Geweer Mannlicher 95 (Belanda), Lee Enfield (Inggris), hingga replika senjata era perang Vietnam.

Tim iNews Depok mencoba menyambangi rumah sekaligus tempat Dion membuat replika senjata tersebut, yang berada di Jln. Puspen, Kelurahan Jagakarsa, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Di rumahnya tersebut, Dion tengah sibuk membuat replika senjata Belanda jenis Geweer Mannlicher 95. Sembari bercerita dia mengaku membuat replika senjata tersebut karena ketertarikannya pada sejarah perang, sekaligus mengingat kembali hobi masa kecilnya yaitu bermain perang-perangan.

"Bikin mainan senjata perang seperti adalah mengingat kenangan masa lalu. Anak laki-laki saat kecil, biasanya kan bikin mainan tembak-tembakan dengan cara yang sederhana, sekaligus untuk mengenang masa lalu," kata Dion kepada iNews Depok, Sabtu (29/10/2022).

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut