get app
inews
Aa Read Next : Penghujung Tahun 2023, Universitas Pancasila Kukuhkan Enam Guru Besar

UP Perkuat Kiprah Pancasila Dalam Persaingan Global

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 13:28 WIB
header img
Rektor Universitas Pancasila minta agar kiprah Pancasila digaungkan dalam kehidupan berbangsa. Foto: Humas UP

DEPOK, iNewsDepok.id- Univeritas Pancasila (UP) berkomitmen memperkuat kiprah Pancasila dalam persaingan global. Pancasila adalah falsafah dan dasar kehidupan berbangsa telah terbukti dapat mempersatukan bangsa dengan semua kebhinekaannya sehingga dapat hidup rukun, dan damai.

Dalam perkembangan global saat ini, mempertahankan ideologi Pancasila semakin memiliki banyak tantangan. Informasi yang sangat terbuka membuat banyak paham dan pandangan maupun Ideologi yang tidak sesuai.

Hal itu bisa merusak tatanan bangsa karena berpotensi mempengaruhi generasi muda dan semakin menjauhkan dari jati diri mereka sebagai Bangsa Indonesia.

“Sebagai universitas yang menyandang nama besar Pancasila, UP menyadari bahwa terletak tanggung jawab yang besar pada pergiruan tinggi dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila,” kata Rektor UP Prof. Edie Toet Hendratno usai melantik pejabat di lingkungan kampus, Jumat (14/10/2022).

Menurutnya, implementasi nilai-nilai Pancasila perlu memiliki beraneka strategi. Sehingga  tidak usang dalam mengikuti perubahan dunia dan  bisa semakin menguat serta menjadi model bagi masyarakat dunia.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu pejabat yang dilantik adalah Darmansyah Djumala. sebagai Ketua Pusat Studi Pancasila Universitas Pancasila (PSP UP). Sebelumnya, Darmansyah adalah Duta Besar dan Wakil Tetap Indonesia untuk PBB dan Organisasi Internasional lainnya di Wina, Austria.

Rektor berharap, Darmansyah dapat  menjadikan PSP UP sebagai center of excellence dan memimpin implementasi nyata nilai Pancasila dalam kehidupan kampus. “Sehingga mahasiswa dapat terhindar dari ideologi yang merusak. Mengedepankan toleransi, menghargai kemajemukan dan terbuka terhadap perbedaaan adalah salah sikap yang diharapkan tumbuh dari seorang intelektual perguruan tinggi,” ucapnya.

Rektor juga melantik Diennaryati Tjokrosuprihatono sebagai Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Hukum, Humas dan Ventura yang sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Ekuador.

Adanya kehadiran para Duta Besar yang sudah berpengalaman memperkenalkan nilai-nilai Pancasila di dunia Internasional dapat semakin mendorong keaktifan UP dalam menyosialisasikan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. 

“Terlebih lagi saat ini dengan adanya program  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Matching Fund dan lain-lain, membuka peluang bagi Universitas Pancasila untuk bekerjasama dengan banyak pihak sehingga semakin dapat menyebarluaskan  Ideologi Pancasila dalam berbagai kerjasama nasional maupun internasional,” katanya.

Ketua Pembina YPP UP, Siswono Yudo Husodo menambahkan dengan menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat merupakan upaya pihaknya menciptakan iklim yang baik dalam dunia kerja. “Ini untuk menjawab tantangan masa depan dan membangun jaringan yang luas dengan dunia global,” katanya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut